Technology

Alat Berat Bertenaga Baterai Semakin Mendekati Kenyataan

Perkembangan teknologi alat berat belakangan ini semakin berfokus pada teknologi yang hemat energi, ramah lingkungan sekaligus aman. Excavator, wheel loader dan truk sampah merupakan sebagian alat berat/alat kerja bertenaga hidrolik yang memiliki kemungkinan besar beralih menggunakan baterai dan motor listrik sebagai pengganti mesin diesel. Prinsip dasar sistem ini menggunakan motor berkecepatan variabel untuk menggerakkan pompa hidrolik pada kecepatan optimal yang disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan yang dilakukan. Hasilnya adalah operasi sistem hidraulik yang lebih efisien, lebih sedikit perawatan, lebih sedikit noise, dan nol emisi.

XING Mobility Taiwan baru-baru ini menandatangani perjanjian distribusi dealer dengan EST-Floattech untuk bekerja sama dalam memproduksi baterai kendaraan listrik (EV) dan solusi powertrain canggih untuk pasar konstruksi dan peralatan industri di Eropa. EST-Floattech adalah pengembang dan distributor sistem listrik dan hybrid terintegrasi dengan kantor di Norwegia, Belanda dan Jerman.

Perusahaan ini melayani pasar peralatan konstruksi kelautan dan heavy duty menggunakan sistem penyimpanan energi yang aman dan bersertifikat berdasarkan teknologi Lithium NMC. Kemitraan ini menggabungkan pengalaman XING Mobility dalam teknologi baterai EV dengan reputasi EST-Floattech dalam penyimpanan energi dan integrasi sistem dengan berbagai produsen peralatan. EST-Floattech berafiliasi dengan Pon Group, salah satu perusahaan terbesar di Belanda, dengan lebih dari 12.000 karyawan di seluruh dunia, dan beroperasi di 32 negara yang berbeda pada sembilan bidang operasional.

XING Mobility akan memproduksi paket baterai untuk EST-Floattech yang akan mempromosikan, mendistribusikan, dan melayani mitra dan customernya. Royce Hong, CEO XING Mobility menjelaskan: “Kami percaya Eropa bisa menjadi pasar yang paling canggih untuk elektrifikasi peralatan industri karena peraturan emisi yang semakin ketat di kawasan ini. Kami yakin bahwa inovasi baterai kami, dikombinasikan dengan pengalaman EST-Floattech, akan membantu mempercepat adopsi teknologi alat berat listrik di industri konstruksi, pertambangan, dan material handling.”

BACA JUGA  XCMG Rilis Autonomous Road Roller

XING Mobility telah menghabiskan waktu lebih dari tiga tahun untuk mengembangkan Immersion Modular Battery System, solusi energi yang dapat dikonfigurasi ke dalam berbagai ukuran, bentuk, dan kebutuhan energi alat-alat berat. Karena produsen alat berat memproduksi berbagai jenis alat berat berukuran kecil hingga besar, bagaimana konfigurasi untuk setiap paket baterai dan drivetrain menjadi sangat penting. Perusahaan-perusahaan alat berat yang berkolaborasi percaya bahwa kemampuan pembuatan prototyping dan penetrasi pasar yang cepat dari teknologi modular XING Mobility akan mampu mengimbangi kecepatan produksi alat-alat berat listrik dalam memenuhi permintaan pasar.

Produk baterai XING Mobility menggunakan metode pendinginan dengan teknik merendam sel baterai secara langsung dalam cairan pendingin non-konduktif. Metode pendinginan dengan perendaman dalam kendaraan listrik seperti ini sekarang dianggap sebagai metode pendinginan yang paling efektif karena kontak sel ke pendingin mencapai 100% yang menghasilkan keseragaman suhu sel yang memungkinkan sel baterai mencapai tingkat kinerja optimalnya. Selain itu, cairan pendingin memiliki sifat pencegah api, yang membuat teknologi ini sangat aman bagi pengguna alat berat. Ketika digabungkan dengan daya tahan dan persyaratan maintenance yang rendah dari industri alat berat, kinerja, keamanan, dan kesederhanaan konfigurasi teknologi ini diharapkan mampu menjawab tuntutan industri alat berat di masa yang akan datang.

(HP)

Tinggalkan Balasan