Product Update Technology

Belaz Siap Meluncurkan Dump Truck Raksasa Autonomous Pada Semua Kelas

Pabrikan alat berat asal Belarusia, Belaz, menyatakan kesiapannya untuk meluncurkan varian off highway dump truck di semua kelas dump truck yang diproduksinya. Keseriusan Belaz ditunjukkan dengan melakukan uji coba sebuah Belaz 7513R, sebuah dump truck autonomous kelas 130 ton, di sebuah pertambangan batu bara di wilayah Chernogorsky, Rusia.

Dalam uji coba ini, Belaz 7513R membawa muatan menempuh jarak 1,35 km. Pihak Belaz mengklaim uji coba telah dilakukan dengan menempuh total jarak lebih dari 5000 km per 4 Maret 2020. Sebagai pasangan dumper atau alat muatnya digunakan wheel loader Belaz 78250, sebuah wheel loader yang juga berteknologi autonomous yang telah lebih dulu dikembangkan oleh Belaz. Proyek uji coba ini juga menggandeng Zyfra Mining, sebuah perusahaan join venture Finlandia-Rusia di bidang teknologi pertambangan.

“Uji coba ini membuktikan bahwa kerjasama dua buah alat berat berteknologi autonomous bisa dilakukan. Bagi Belaz uji coba ini menjadi kesempatan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin data dan informasi penting dalam proses produksi sebuah pertambangan yang berguna untuk pengembangan selanjutnya, seperti penentuan prosedur operasi dan hubungannya dengan pergerakan dump truck. Kami sedang intensif mengembangkan aplikasi autonomous untuk alat berat yang kami produksi. Hal ini sejalan dengan upaya Belaz untuk memperkenalkan digitalisasi pada proses produksi pada korporasi pertambangan (Intelligent mine),” jelas pihak Belaz.

Lebih lanjut Belaz menyatakan kesiapannya untuk memproduksi dump truck autonomous di hampir semua kelas dump trucknya, mulai dari payload 90, 130, 180, 220, 240, 290 dan 360 ton, sehingga perusahaan-perusahaan pertambangan dapat mengoptimalkan operasionalnya sekaligus meminimalkan biaya dan meningkatkan kapasitas produksinya.

Kedepannya Belaz merencanakan untuk mengembangkan ‘shuttle truck’ sebuah istilah untuk dump truck tanpa kabin, sehingga peranan operator tidak ada sama sekali. Fungsi operator digantikan oleh sebuah modul cerdas. Hal ini dilakukan Belaz untuk mengantisipasi kecenderungan perubahan permintaan pasar di masa yang akan datang.

BACA JUGA  Delapan Dump Truck Belaz Mulai Beroperasi di Indonesia

Sistem yang dikembangkan oleh Belaz untuk alat-alat berat autonomousnya meliputi integrasi dari keseluruhan komponen utama sebuah alat berat mulai dari engine hingga final drive, termasuk sistem manajemen operasional keseluruhannya. Untuk mendukung koneksi jaringan digunakan teknologi data transmisi berkecepatan tinggi 4G dan 5G dengan speed mencapai 1 Gb/detik.

“Mining dump truck autonomous Belaz dilengkapi ratusan sensor yang menghasilkan data dan informasi skala terabytes secara real time. Ini memungkinkan tracking unit di belahan dunia manapun. Kemajuan teknologi informasi memungkinkan pengumpulan dan penyimpanan data operasional unit dalam ukuran sangat besar, yang juga meliputi semua penjadwalan unit termasuk pengiriman data ke para vendor misalnya penyiapan spare part dan rekomendasi-rekomendasi pengoperasian. Dengan kemampuan yang ditawarkan unit-unit autonomous Belaz, jumlah sumber daya manusia bisa diminimalkan tanpa mengurangi produktivitas. Disinilah Belaz merealisasikannya,” tutup Belaz.

(TW)

Tinggalkan Balasan