Product Update

Bell Equipment Meluncurkan B45E 4×4 Articulated Dump Truck

Pada pameran alat berat terbesar di dunia, Bauma 2019, Bell Equipment, perusahaan alat berat asal Afrika Selatan, meluncurkan varian terbaru Articulated Dump Truck (ADT) 4×4 nya, B45E. Hal ini semakin mengukuhkan Bell sebagai pabrikan ADT yang berfokus pada ‘niche-market’ yang berbeda dibanding kompetitor-kompetitornya.

Peluncuran model terbaru ADT Bell ini semakin melengkapi line product ADT Bell yang sebelumnya telah meluncurkan ADT B60E dan B30E yang berkonfigurasi 4×4. Bila ADT keluaran berbagai merek berkonfigurasi 6×6, dimana pada pada sumbu belakang yang menopang dump body menggunakan 2 sumbu, Bell lebih memilih keluar dari pakem ini dengan menggunakan 1 buah sumbu dengan masing-masing 2 roda pada tiap sisinya.

Dalam penjelasannya, Tristan Du Pisanie, manajer pemasaran Bell Equipment ADT menyatakan, “ADT Bell B45E ini didesain untuk memenuhi kebutuhan pengangkutan material di pertambangan dan quarry skala kecil hingga menengah yang menekankan efisiensi operasional dan biaya. B45E ini menggabungkan kelebihan yang dimiliki oleh rigid dump truck konvensional yang mampu mengangkut material dalam jumlah besar namun memiliki kendala dengan harus tersedianya jalan yang baik, dengan ADT yang memiliki kelebihan pada medan-medan ekstrim namun memiliki keterbatasan dalam kapasitas muatnya. B45E ini mampu mengangkut material dalam jumlah yang lebih besar sekaligus mampu melewati kondisi jalan yang buruk.”

Separuh bagian depan dari B45E pada dasarnya memiliki desain yang sama dengan ADT berkonfigurasi 6×6, sedangkan sasis belakang mengikuti desain kakaknya, Bell B60E 4×4, yang dirancang untuk aplikasi pertambangan. Menggunakan engine Mercedes-Benz 523 Hp, yang mampu menghasilkan torsi maksimum 2460 Nm, yang dioptimalisasi oleh MTU untuk aplikasi off-highway, model ini menggunakan transmisi otomatis 7 percepatan besutan Allison dan rem sistem basah pada kedua as roda.

BACA JUGA  Mengenal Berbagai Line Product SEM, A Caterpillar Brand

Dump body-nya yang bervolume 25 m3 terpasang pada axle yang dipasok oleh pabrikan Jerman, Kessler, yang mampu mengangkat beban maksimum 55 ton. Untuk memperkuat struktur dump body-nya, Bell Equipment menggunakan penguat berupa silinder teleskopik yang dipasang pada bagian bawah dump body. Dengan geometri yang lebar dan lantai dump body yang rata, B45E ini sangat sesuai dengan karakteristik pekerjaan loading material di pertambangan karena daya pengisiannya lebih baik ketimbang ADT 6×6 konvensional yang lebih panjang.

Dengan sasis belakang yang lebih pendek hal ini juga berarti Bell B45E 4×4 lebih mampu bermanuver dibandingkan ADT 6×6 yang lebih panjang dengan volume angkut yang sama. Penggunaan 2 ban sejajar juga membuat ban-ban ADT 6×6 cenderung lebih cepat mengalami keausan akibat bergesekan dengan material yang terjepit di antara kedua ban.

Tidak heran, dengan desain dump body yang inovatif ini Bell Equipment berhasil menggondol penghargaan melalui ADT B30E-nya pada ajang Intermat 2018, sebuah ajang bergengsi tingkat dunia yang memberikan penghargaan atas inovasi-inovasi yang dilakukan di industri alat berat.

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, B45E 4×4 dapat dilengkapi dengan sistem suspensi depan adaptif Bell “Comfort Ride” (opsional).

Bell B45E 4×4 akan mulai memasuki pasar pada bulan April 2019 setelah diluncurkan di Bauma 2019. Seperti semua ADT Bell 4×4, dump truck ini akan diproduksi di pabrik utama Bell Equipment di Richards Bay, Afrika Selatan.

(LH)

Baca Juga

BACA JUGA  Volvo Articulated Dump Truck A60H, Menjawab Kebutuhan Pertambangan yang Semakin Kompleks

Tinggalkan Balasan