Featured Products Technology

Berbagai Fitur Unggulan Engine Hino J08E Common Rail Euro 4

Pada perhelatan akbar GIIAS 2021, salah satu peserta, Hino, tidak saja menampilkan berbagai unit-unit kendaraan komersial yang menyedot perhatian pengunjung pameran. Di salah satu pojok dari booth Hino ditampilkan juga salah satu engine andalan Hino dalam menghadapi penerapan standar emisi Euro 4 pada April 2022 mendatang, JE08E Common Rail Euro 4.

“Mesin terbaru J08E adalah bukti dari Hino memiliki pengalaman mendesain common rail sejak tahun 1997, sekaligus merupakan brand komersial pertama di dunia yang mengimplementasikan sistem common rail. Hino Indonesia mulai menjual engine-engine common rail sejak tahun 2011, dengan kualitas, keawetan dan kehandalan yang tinggi, dan diterima dengan baik oleh customer-customer kami. Kami memastikan, bahwa semua customer kami di Indonesia, akan aman dan puas menggunakan produk-produk common rail kami di era Euro 4 yang akan datang”, jelas Masato Uchida, Presiden Direktur PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).

Sementara Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer HMSI menambahkan bahwa Hino Indonesia telah berpengalaman dalam memproduksi kendaraan Euro 4 untuk pasar ekspor. “Kami telah menyiapkan segala fasilitas dan lini produksi di pabrik telah dipersiapkan. Berbagai pengembangan kendaraan turut juga dilakukan untuk memastikan kendaraan Hino sudah sesuai regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah,” ungkap Santiko.

Untuk diketahui, saat ini engine-engine common rail yang dipasang di sejumlah tipe truk Hino Ranger series dan bus Hino masih menggunakan mesin common rail dengan spesifikasi Euro 2. Dengan telah disiapkannya engine J08E ini menunjukkan keseriusan Hino dalam mengikuti aturan yang telah disepakati di seluruh dunia ini.

Adapun teknologi-teknologi engine J08E ini adalah:

  • Variable Nozzle Turbo (VNT) merupakan teknologi turbo modern yang bisa bekerja secara bervariasi dengan pengontrolan secara elektrikal. VNT mengatur volume hisap, volume aliran EGR (Exhaust Gas Recirculating), dan membuat efisiensi pembakaran bisa menjadi lebih optimal dengan kontrol dari ECU.
  • EGR (Exhaust Gas Recirculating) System adalah sistem yang berfungsi mengurangi senyawa-senyawa negatif dari sisa gas buang. Sistem EGR yang digunakan pada engine J08E ini adalah Cool EGR System dimana sebagian gas buang dikembalikan ke intake oleh EGR valve, yang bertujuan untuk menurunkan konsentrasi oksigen yang nantinya akan dikembalikan ke ruang bakar. Penurunan konsentrasi oksigen akan menurunkan suhu pembakaran yang akhirnya akan mengurangi kadar emisi NOx yang merupakan partikel polutan.
  • Diesel Oxidation Catalyst (DOC) berfungsi untuk mengurangi kadar Carbon Monoxide (CO), Hidrocarbon (HC) dan Particulate Matter (PM) kemudian mengubahnya menjadi CO2, molekul Nitrogen dan air (H2O). DOC terbuat dari lapisan logam khusus yang mengandung katalis yang dapat bereaksi dan mengikat emisi gas buang berbahaya. DOC ditempatkan menempel pada muffler, lapisan penutupnya didesain menyerupai sarang tawon.
BACA JUGA  Program Layanan Purna Jual Hino, Memaksimalkan Keuntungan Bisnis Anda

Engine J08E ini juga dilengkapi komponen-komponen:

  • Sistem common rail. sistem common rail akan membuat aliran bahan bakar menjadi bertekanan tinggi secara konstan. Aliran bahan bakar bertekanan tinggi ini kemudian dikirimkan ke injektor. Injektor akan mengabutkan bahan bakar ke masing-masing silinder dengan dikontrol oleh ECU (Electronic Control Unit).
  • Electronic Control Unit (ECU) berfungsi untuk mengolah semua informasi yang diperoleh dari sensor-sensor pada engine. Informasi ini kemudian diolah menjadi paramater-parameter beroperasinya engine sehingga kinerja engine dapat menjadi lebih optimal.
  • Injector merupakan bagian engine yang berfungsi mengubah bahan bakar bertekanan tinggi menjadi kabut yang disemprotkan pada ruang bakar. Injector pada sistem common rail memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari injector lama berteknologi non common rail. Untuk injector engine J08E ini Hino menambahkan lapisan Diamond Like Carbon (DLC) yang tahan terhadap gesekan. Kelebihan lainnya dari injector ini tidak memerlukan setting komputer untuk kalibrasinya.

Selain itu, pemilik truk-truk Hino yang telah menggunakan engine common rail juga bisa mengetahui sumber kerusakan jika terjadi permasalahan pada engine-nya. Di seluruh outlet Hino telah dilengkapi perangkat pendiagnosa permasalahan engine, Diagnosis Explorer (DX Tools). DX Tools terhubung dengan ECU sehingga dapat mengetahui sumber permasalahan engine secara tepat dan efektif.

(HP)

Tinggalkan Balasan