Technology

Berkolaborasi dengan Sioen, Wabco Menciptakan Alat Pendeteksi Pencurian pada Kontainer

Kejahatan yang menyasar truk-truk kontainer sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Kontainer yang membawa muatan dengan nilai yang besar seringkali menjadi sasaran empuk tindak kejahatan. Kita dapat simak pada beberapa berita yang diungkap beberapa media berikut ini:

Bajing Loncat Kuras Kontainer Isi Bola Lampu Senilai Rp 1,5 Miliar
Pura-pura Diserempet Lalu Jarah Kontainer, Perampok di Medan Menyamar Jadi Polisi
Curi Besi dari Truk di Kawasan Pelabuhan Belawan, Komplotan Bajing Loncat Dibekuk

Untuk mencegah kejahatan pada truk-truk kontainer, Wabco, sebuah perusahaan global asal AS di bidang teknologi dan layanan yang berfokus pada keselamatan, keamanan, efisiensi dan konektivitas kendaraan-kendaraan komersial, menjalin kerjasama dengan Sioen, sebuah perusahaan yang berfokus pada perlindungan manusia dan aset, mengembangkan perangkat deteksi pencurian pada kontainer.

Untuk mewujudkan kerjasama ini, Sioen mengupgrade teknologi Dynatex PROTECTOR yang dimilikinya dan mengemasnya dalam sebuah perangkat sensor yang diberi nama Transics. Sementara Wabco melengkapi produk ini dengan teknologi Fleet Management Solution (FMS), TX-TRAILERGUARD™, yang dimilikinya.

Saat pelaku kejahatan merusak penutup terpal di dalam kontainer, sistem akan bekerja mengaktifkan alarm yang berbunyi keras atau dengan notifikasi yang terlihat oleh pengemudi di kabin sekaligus memberikan informasi ke kantor pengelola truk kontainer tersebut dengan WABCO’s TX-CONNECT™.

Sistem ini juga bisa dikombinasikan dengan teknologi penguncian pintu kontainer yang dikembangkan oleh Wabco: OptiLock.

Sistem ini telah diuji coba pada truk-truk kontainer milik Soncotra, sebuah perusahaan logistik asal Belgia yang beroperasi di wilayah Eropa Tengah, Eropa Timur, Balkan, negara-negara pecahan Uni Soviet (CIS) dan Timur Tengah, yang memiliki lebih dari 15 ribu truk.

(TGS)

Tinggalkan Balasan