Product Update

BOHA65, Ground Engaging Tool untuk Caterpillar Loader Underground Mining yang Lebih Kuat dan Awet

Lingkungan kerja pada lokasi pertambangan bawah tanah bisa dikatakan merupakan lingkungan yang cukup ekstrim karena dibandingkan pertambangan terbuka material yang harus dibuang pada pertambangan bawah tanah lebih keras, lokasi yang sempit untuk bermanuver dan ketinggian langit-langit lorong penambangan yang rendah sehingga keausan attachment seringkali terjadi.

Untuk menjawab kebutuhan customer-customernya, Caterpillar baru-baru ini meluncurkan Ground Engaging Tool(GET) yang didesain khusus untuk pertambangan bawah tanah, BOHA65, yang diklaim tidak mudah aus bahkan pada lingkungan kerja yang cukup ekstrim.

Kehadiran BOHA65 ini melengkapi GET seri BOHA yang sudah ada sebelumnya, dimana seri ini dikhususkan untuk unit-unit Cat Load-Haul-Dump (LHD). Unit-unit LHD merupakan unit wheel loader untuk pertambangan bawah tanah dimana karena lokasi yang sempit, unit-unit LHD ini akan sekaligus melakukan pekerjaan loading, hauling dan unloading material.

BOHA65 menawarkan ketahanan keausan yang tinggi, Bila dipasangkan pada unit Cat R2900 LHD, BOHA65 diklaim memiliki ketahanan keausan 35% lebih tinggi daripada BOHA50 pada unit yang sama.

Dengan pemasangannya yang menggunakan sistem baut memungkinkan penambahan ketebalan plat GET ini dibandingkan dengan GET yang menggunakan sistem las. Dengan material yang lebih tebal tentunya akan membuat GET ini memiliki ketahanan keausan yang lebih baik. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Caterpillar, GET BOHA65 memiliki umur 40% lebih panjang daripada GET yang yang menggunakan sistem pengelasan.

Untuk melepas dan mengganti BOHA65 ini cukup mudah. Setelah dilakukan pengelasan untuk melepas bagian ujung bucket yang merupakan dudukan dari BOHA65. BOHA65 diinstall pada bucket dengan dua atau tiga baut untuk setiap tipnya dengan memakan waktu cuma satu atau dua jam.

Desain BOHA65 yang terdiri dari segmen-segmen individual membuat GET ini lebih ringan tanpa mengurangi kemampuannya dalam melindungi bucket. Bagian ujungnya yang lebih tipis dari bagian belakangnya membuat proses pemuatan material lebih cepat.

BACA JUGA  Trakindo Meluncurkan 2 Varian Excavator Masa Depan

BOHA65 dilengkapi indikator keausan, sehingga operator bisa mengecek dengan mudah dan menentukan apakah sudah perlu dilakukan penggantian GET atau belum. BOHA65 bisa dikombinasikan dengan produk-produk sistem proteksi Caterpillar seperti heel shrouds, mekanikal wear plate dan wear bar.

(TGS)

Tinggalkan Balasan