Technology

Caterpillar Memperluas Aplikasi Cat Command System ke Unit-Unit Wheel Loader Kecil

Pada ajang CONEXPO-CON/AGG 2020 yang berlangsung di Las Vegas, AS, baru-baru ini, Caterpillar mengumumkan perluasan aplikasi Cat Command System pada unit-unit wheel loader kecilnya. Cat Command System merupakan sistem pengendalian jarak jauh yang diciptakan Cat pada unit-unit alat berat yang diproduksinya. Dengan sistem ini, alat berat dapat dioperasikan tanpa operator sehingga dapat meningkatkan keselamatan pengoperasian alat berat, khususnya di area-area yang berpotensi bahaya.

Model-model wheel loader Caterpillar yang telah diaplikasikan sistem canggih ini adalah Cat 926M, 930M dan 938M. Pada CONEXPO-CON/AGG 2020 Caterpillar mendemonstrasikan pengoperasian Cat Command System ini di bagian outdoor booth Caterpillar.

Cat Command System akan tersedia dalam dua pilihan konfigurasi:line of sight dan non line of sight. Line of sight berarti operator dapat melihat unit beroperasi di depan matanya, sedangkan non line of sight merupakan sistem pengontrolan melalui display perangkat remote. Dengan sistem ini operator dapat mengontrol dan mengoperasikan unit dengan nyaman di area-area berbahaya misalnya pada pekerjaan bongkar muat barang, pekerjaan pada suhu tinggi seperti pada pabrik peleburan dan pengecoran baja, industri pengolahan limbah atau pada proyek-proyek penghancuran bangunan (demolition).

Untuk bisa menggunakan sistem ini, sebuah kit yang terdiri dari kamera belakang dan samping, sistem elektrik yang dipasang pada sistem kemudi, perangkat pengaktifan perintah pada lever kemudi, lampu indikator, mikrofon, perangkat penerima sinyal dan antena. dipasangkan pada unit. Pengendali utama (command center) terpasang pada sistem kontrol utama dari unit, sehingga operator akan merasakan kemampuan kontrol yang sama seperti saat ia berada di dalam kabin.

Sementara perangkat remote untuk pengendalian merupakan sebuah konsol yang ringan dan kompak yang tergantung di bahu operator dengan tali selempang yang nyaman. Fungsi-fungsi utama pengoperasian unit seperti startup/shutdown engine, berjalan maju-mundur dan berbelok/memutar, berbagai gerakan boom dan bucket mudah diakses melalui tombol-tombol dan lever yang ergonomis pada konsol. Berbagai perintah yang ditransmisikan perangkat remote melalui gelombang radio kemudian diterima perangkat receiver pada unit dan diteruskan pada command center untuk diimplementasikan menjadi fungsi kerja pada berbagai komponen di unit.

BACA JUGA  Telkomsel Luncurkan Solusi Fleet Management "Fleetsight"

Operator dapat menghubungkan satu perangkat remote dengan beberapa unit sekaligus. Namun dengan alasan keselamatan kerja, pada satu waktu sistem ini hanya terhubung pada satu unit, sehingga unit itulah yang bekerja sementara unit-unit lain standby menunggu instruksi berikutnya. Unit-unit yang dapat dihubungkan dengan sistem ini tidak hanya wheel loader, melainkan juga excavator dan dozer. Pada konfigurasi line of sight, operator dapat bergerak mengikuti pergerakan unit dan mengendalikan unit pada jarak tertentu yang aman. Jarak terjauh sinyal yang dapat ditransmisikan dari perangkat remote ke unit adalah 400 meter. Sedangkan pada konfigurasi non line of sight, operator duduk di sebuah stasiun kerja untuk mengendalikan semua unit dengan nyaman.

Sistem ini juga dilengkapi fitur-fitur safety untuk memastikan keamanan unit saat bekerja, misalnya tombol A-stop atau tombol Remote Shutdown untuk menghentikan unit secara tiba-tiba pada saat unit mengalami kondisi yang berbahaya, timbulnya kerusakan pada unit. Pada konfigurasi non line of sight tersedia tombol All-Stop (opsional) yang memungkinkan semua unit dihentikan operasinya dan dimatikan secara bersamaan.

Bagian-bagian penting sebuah stasiun kerja pada konfigurasi non light od sight terdiri dari joystick pengendalian alat berat, kontrol pedal kaki, tombol-tombol pengoperasian pada display berteknologi touchscreen yang juga memberikan tampilan pandangan kamera pada unit, tombol A-Stop atau Remote Shutdown untuk menghentikan semua pergerakan unit dengan cepat. Sistem ini juga bisa dilengkapi dengan kontrol All-Stop jarak jauh (opsional) untuk pengawas yang bekerja di sekitar unit.

Cat Command System akan tersedia di pasaran untuk unit-unit wheel loader Cat 926M, 930M, dan 938M pada akhir 2020.

(BP)

Tinggalkan Balasan