Event News

Dengan Cat Global Operator Challenge, Trakindo Berkomitmen Mendorong Kompetensi Operator Alat Berat Indonesia ke Tingkat Dunia

Operator merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis suatu perusahaan yang mengandalkan alat berat dalam kegiatan operasionalnya. Tanpa operator yang handal, perusahaan itu akan mengalami in-efficiency yang bukan mustahil malah kerugian. Menyadari pentingnya peranan operator alat berat, PT. Trakindo Utama menggelar kompetisi nasional Cat Global Operator Challenge sebagai ajang pengujian keterampilan para operator alat berat.

Rangkaian kegiatan kompetisi ini diawali dengan babak penyisihan yang telah berlangsung sejak bulan Juli yang lalu. Diawali di Banjarmasin pada 11 Juli 2019, berturut-turut babak penyisihan diadakan di Makassar, 25 Juli 2019, Yogyakarta, 1 Agustus 2019 dan Palembang, 15 Agustus 2019. Tingginya animo para operator mengikuti kompetisi ini terlihat dari tingkat partisipasi yang mencapai lebih dari 70 operator alat berat.

Pada kompetisi ini, berbagai konfigurasi rintangan dipersiapkan untuk membuktikan kemampuan terbaik peserta. Mereka ditantang menguji keandalannya yang meliputi ketepatan, kegesitan, ketangguhan mental, fleksibilitas, disamping kemampuan menggunakan fitur teknologi yang terintegrasi pada alat beratnya untuk meningkatkan kinerja dengan menggunakan berbagai jenis alat berat Caterpillar, sembari menjaga aspek keselamatan kerja.

Adapun jenis alat berat yang digunakan selama kompetisi ini terdiri dari hydraulic excavator Cat 320, mini excavator Cat 305 dan wheel loader Cat 926. Masing-masing peserta harus mengoperasikan ketiga alat berat ini dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan, misalnya penggalian saluran, pemuatan material ke dump truck maupun berbagai uji ketangkasan seperti memasukkan bola ke sebuah lubang atau kecepatan dalam menjatuhkan sejumlah cone.

Dari masing-masing wilayah akhirnya terpilih 2 operator terbaik yang kembali diadu kemampuannya pada babak final yang berlangsung di Trakindo Training Center, Cileungsi pada Rabu, 28 Agustus 2019. Persaingan pada tingkat ini akan menentukan tiga operator alat beart terbaik untuk mewakili Indonesia pada babak selanjutnya pada tingkat regional yang akan digelar di Jepang pada November 2019.

BACA JUGA  Grup TMT Bersinergi Bantu Proses Pemulihan Warga Korban Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Palu

Kompetisi yang digelar oleh Trakindo ini sendiri merupakan bagian dari event Cat Global Operator Challenge yang diselenggarakan oleh Caterpillar pada tingkat dunia. Para kontestan yang berhasil lolos pada tingkat regional akan beradu kembali pada babak tingkat dunia yang akan diadakan bersamaan dengan event pameran alat berat tingkat dunia Conexpo yang akan berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat pada Maret 2020

Dalam penjelasannya di sela-sela acara, Rozy Andrianto, Division Head Construction Industri Marketing PT. Trakindo Utama, mengungkapkan dari keseluruhan peserta di 4 wilayah, 80% merupakan operator-operator alat berat dari customer-customer ‘existing’ Trakindo, sementara 20% sisanya merupakan operator-operator non customer (umum). “Kontestan yang berpartisipasi pada babak final ini semuanya adalah pemenang, namun kami mencari yang terbaik dari yang terbaik untuk mewakili Indonesia,” sambung Rozy.

Menanggapi peluang peserta Indonesia pada kompetisi tingkat dunia, Rozy menegaskan, “Ragam industri yang ada di Indonesia membuat operator alat berat tanah air memiliki kemampuan tinggi dan dapat beradaptasi dengan cepat menyesuaikan kondisi lapangan dalam menyelesaikan berbagai tantangan. Kami optimis pemenang babak final tingkat nasional hari ini bisa kembali berprestasi di tingkat selanjutnya, mengharumkan nama Indonesia dalam bidang operator alat berat di tingkat Asia maupun dunia.”

Pada babak final ini Edi Marno asal Yogyakarta, yang merupakan operator dari CV Cahaya Indra Laksana menjadi juara pertama. Diikuti oleh Rusdi Welo asal Makassar,  operator dari PT Vale Indonesia Tbk. sebagai juara kedua dan Luther Rupang dari PT Bukaka Teknik Utama Tbk. asal Makassar sebagai juara ketiga, merekalah yang berhak mewakili Indonesia pada tingkat regional.

Selamat kepada para pemenang, Indonesia menanti kiprah Anda selanjutnya untuk mengharumkan nama Indonesia.

BACA JUGA  Trakindo Mendukung Kemajuan Perempuan Indonesia

(ES)

Tinggalkan Balasan