Technology

Dengan MineStar Edge, Caterpillar Membangun Ekosistem Operasional Bagi Perusahaan-Perusahaan Pertambangan

Caterpillar menambahkan platform MineStar Edge pada Cat MineStar Solutions-nya yang menawarkan penataan operasional pertambangan pada customer-customernya. Ketimbang mengefektifkan kegiatan-kegiatan individual, MineStar Edge menggabungkan keseluruhan kegiatan individual menjadi sebuah ekosistem kegiatan operasional sebuah perusahaan pertambangan. Edge memampukan para pimpinan di masing-masing kegiatan untuk melihat keseluruhan operasional yang sedang berjalan, sekaligus aktivitas-aktivitas mana yang berpotensi menimbulkan pengaruh pada keseluruhan ekosistem sejak tahap awalnya.

Berbasis cloud computing dan teknologi-teknologi terbaru seperti gabungan data, mesin pembelajaran, artificial intelligence dan otomatisasi pengumpulan data, MineStar dikembangkan untuk memberikan tingkat akurasi yang lebih tinggi bagi penggunanya. Dengan data berbasiskan cloud dan pengaturan subskripsi, MineStar Edge diklaim mampu mengurangi biaya-biaya yang dibutuhkan untuk pengembangan, service dan training.

Para penyelia juga bisa mengakses informasi dari perangkat komputer atau tablet yang terhubung dengan internet dan mendapatkan informasi secara hampir real time, serta bisa melihat kerusakan unit baik yang terjadwal maupun tidak terjadwal pada saat penghentian kegiatan operasional.

“MineStar Edge memungkinkan pengukuran, pengaturan, analisa dan pengembangan keseluruhan operasional pertambangan. Tidak hanya untuk bisnis pertambangan skala besar, platform ini juga bisa mengefektifkan biaya pada perusahaan-perusahaan pertambangan yang lebih kecil yang bisa dikembangkan di kemudian hari. Platform ini akan membuat Caterpillar dan customer-customernya maju bersama, jelas Sean McGinnis, Product Manager MineStar Solutions.

Customer memiliki kebebasan untuk memilih fitur-fitur dan fungsi-fungsi yang dibutuhkannya dan membayar apa yang dipilihnya saja. Di sisi lain, Caterpillar amat memperhatikan pengembangan-pengembangan MineStar Edge, support, pembaruan dan peningkatan platform ini.

“Pada tahap-tahap awal pengembangan Edge Equipment Tracking and Production Recording, kami melihat para customer kami memperoleh hasil yang signifikan pada kegiatan-kegiatan operasionalnya. Kami percaya perusahaan-perusahaan pertambangan yang masih menggunakan sistem pelaporan menggunakan kertas dapat meningkatkan produksinya antara 20-30%. Sementara dengan MineStar Edge, platform ini akan meningkatkan keakuratan melalui penggunaan teknologi berbasis cloud, serta mengurangi tugas-tugas pendukung dari customer,” jelas Ryan Howell, Commercial Manager pada Cat MineStar Solutions.

BACA JUGA  Alat Pelacak Alat Berat Asli Buatan Indonesia

Fitur Equipment Tracking dari MineStar Edge akan menyuplai informasi pada setiap unitnya, meliputi data-data lokasi dan pergerakan unit-unit, kecepatan, payload, cycle time dan tingkat ketersediaan bahan bakar, sesuai pembacaan hour meter dan pengoptimalan waktu.

Pasangan fitur-fitur Production Recording dan equipment Tracking dapat menghasilkan solusi yang akurat hampir secara real-time melalui pengukuran dan pelaporan semua aspek pada siklus load-haul-dump.

MineStar Edge juga akan menghasilkan data-data yang akurat dan bisa diandalkan tanpa campur tangan operator sehingga dapat meminimalkan resiko memasukkan data yang tidak sesuai. Operator bisa meningkatkan payload sesuai material yang dipilih melalui display pada kabin.

(LH)

Tinggalkan Balasan