Featured Products

Excavator Kobelco SR Series, Solusi Bekerja di Lokasi Sempit

Bekerja dengan alat berat di area yang sempit memiliki resiko tinggi, karena alat berat sangat mungkin membentur benda-benda di sekitarnya, minimal benda-benda yang terbentur atau alat beratnya mengalami kerusakan. Dalam situasi yang ekstrim sangat mungkin dampaknya lebih parah misalnya adanya korban cedera atau meninggal dunia.

Menyadari bahwa alat berat bisa digunakan bekerja di area yang sempit, Kobelco, mendesain excavator-excavator yang mampu berputar (swing) dengan radius minimal. Bagi sebuah excavator, bagian yang paling mungkin mengalami benturan saat bekerja di area yang sempit adalah bagian ekor (tail), karena bagian ini sering lupt dari perhatian operator karena terlalu berfokus pada pekerjaan yang dilakukan di bagian depan.

Bagian belakang excavator terdiri dari dua bagian utama, engine dan komponen-komponen pendukungnya dan counterweight. Untuk meminimalkan resiko terjadinya benturan utamanya pada saat exacavator berputar, pabrikan-pabrikan alat berat mendesain excavator yang bagian belakangnya sangat minimal bahkan nol (zero tail swing). Dengan memangkas bagian ekor ini excavator dapat berputar lebih lincah tanpa kuatir mengalami benturan.

Namun disamping plus poinnya, excavator dengan zero tail swing juga memiliki minus poin, yaitu kapasitas operasionalnya lebih rendah dari alat berat yang memiliki tail swing konvensional. Tentunya hal ini disebabkan berkurangnya keseimbangan, arm digging force dan bucket digging force. Itu sebabnya fitur zero tail swing ini lebih cocok diterapkan pada mini excavator sampai dengan medium-size excavator. Dari sisi maintenance, zero tail swing memiliki kekurangan dalam kemudahan mengakses komponen-komponen excavator.

Karena adanya kebutuhan penggunaan excavator berfitur zero tail swing, Kobelco sebagai produsen alat berat yang berfokus pada pekerjaan konstruksi mendesain berbagai pilihan model excavator zero tail swing. Tidak hanya mini excavator, range excavator zero tail swing ini juga tersedia pada kelas menengah. Bisa dikatakan Kobelco memiliki range excavator zero tail swing terlengkap.

BACA JUGA  Pindad Excava 50, Varian Mini Excavator Terbaru Buatan Pindad

Bagi Anda yang berencana berinvestasi excavator zero tail swing, berikut adalah list model yang bisa Anda jadikan referensi:

  • SK75SR-7
  • SK85CS-7
  • SK140SRLC-7
  • ED160-5 Blade Runner
  • SK230SRLC-5
  • SK270SRLC-5

Serial SR ini populer di aplikasi di mana area kerja sangat terbatas seperti di kota-kota di mana lalu lintas sangat padat atau dalam lingkungan perumahan atau komersial di mana kebisingan bisa menjadi masalah.

(BP)

Tinggalkan Balasan