News Picture

Foto : Beragam Inovasi Unik Farm Tractor

Farm tractor atau traktor pertanian merupakan satu jenis alat berat yang sudah cukup lama digunakan manusia untuk berbagai pekerjaan di pertanian atau perkebunan. Kemampuan traktor beroperasi di medan-medan berlumpur membuat fungsi traktor tidak tergantikan oleh jenis alat berat lain.

Perkembangan teknologi alat berat juga berimbas pada perkembangan teknologi traktor, berbagai fitur dan teknologi terus ditambahkan untuk membuat traktor semakin mumpuni. Namun tidak hanya dari sisi fitur dan teknologi, desain traktor juga mengalami perkembangan menjadi futuristik. Alhasil, traktor pun tidak hanya semata-mata sebuah alat berat dengan desain yang kaku, traktor pun memiliki desain yang menarik.

Simak beberapa model traktor berikut ini.

John Deere 9RX

Pabrikan alat berat asal AS ini dikenal dengan produk-produk traktor pertaniannya yang handal dan memiliki kualitas yang mumpuni. Tidak heran di Indonesia kita banyak menjumpai farm tractor John Deere. Serial 9RX merupakan varian farm tractor 4 track (delta track) berukuran besar yang menggantikan fungsi roda pada farm tractor konvensional. Dengan teknologi ini John Deere 9RX cocok dioperasikan pada area pertanian/perkebunan dengan kondisi medan ekstrim, misalnya di lokasi perbukitan curam yang berlumpur. John Deere 9RX tersedia pada 5 pilihan model yaitu 9420RX (420 Hp), 9470RX (470 Hp), 9520RX (520 Hp), 9570RX (570 Hp) dan 9620RX (620 Hp).

Keunikan dari seri 9RX ini adalah tracknya bisa dilebarkan (retractable), dengan masing-masing model memiliki 2 atau 3 opsi lebar track. Lebar track standar digunakan bila traktor ingin dipacu cepat, sedangkan track lebar digunakan saat bekerja di area yang kondisi tanahnya labil sehingga dibutuhkan keseimbangan.
Case IH Magnum

Produsen alat berat berat pertanian yang berbasis di AS ini dikenal sangat inovatif dalam melakukan pengembangan traktor pertanian yang diproduksinya. Salah satunya adalah Case IH Magnum ini. Walaupun traktor ini masih merupakan traktor konsep, namun protipenya sudah dicoba di ladang pertanian sesungguhnya.

Case IH Magnum merupakan traktor pertanian autonomous alias bisa dioperasikan tanpa operator. Dari desainnya terlihat traktor ini tidak memiliki kabin/kanopi seperti layaknya traktor pada umumnya. Untuk mengoperasikannya, seorang operator mengendalikan traktor ini melalui perangkat komputer atau tablet yang terhubung melalui signal GPS. Signal ini ditangkap oleh perangkat radar, LiDAR, dan video kamera yang terpasang pada dashboard untuk menjalankan berbagai fungsi yang sudah terprogram. Uniknya, pengontrolan tidak hanya bisa dilakukan melalui perangkat remote (komputer/tablet) tapi juga operator bisa memberikan instruksi suara dan visual kepada unit traktor ini.
PLA MAP III

Sebetulnya ini adalah sebuah sprayer alias traktor yang memiliki fungsi khusus sebagai penyemprot tanaman pertanian atau perkebunan. Memiliki kapasitas tangki 2900 - 4100 liter, unit ini memiliki desain yang cukup tinggi untuk beroperasi di antara tanaman pertanian, misalnya padi, gandum, dll.

Ada 5 model yang diproduksi oleh PLA, yang merupakan sebuah perusahaan Argentina yang diakuisisi oleh John Deere, yaitu MAP III 2900, MAP III 3300, MAP III 3300H, MAP III 3600 dan MAP III 4100 (angka di belakang menyatakan kapasitas tangki penyemprotan).

Keunikan dari desain PLA MAP III ini adalah posisi tangki yang terletak di bagian depan unit, sedangkan engine dipasang di antara tangki dan kabin. PLA MAP III juga dilengkapi 2 buah 'lengan' pada bagian kiri dan kanan unit yang berfungsi untuk mengarahkan air yang disemprotkan.
Challenger MT700

Brand ini terdengar asing bagi kita di Indonesia. Challenger merupakan sebuah brand yang dibangun oleh caterpillar yang memproduksi berbagai alat berat pertanian. Pada tahun 2002, Caterpillar menjual brand ini kepada AGCO (Allis-Gleaner Corporation), sebuah pabrikan alat berat pertanian yang bermarkas di Georgia, AS.

Produk-produk Challenger meliputi farm tractor, telehandler, harvester dan baler. Challenger seri MT700 merupakan farm tractor 2 track dengan track karet. Ada 3 model dari seri MT700 ini, yaitu MT738 (285 Hp), MT740 (310 Hp) dan MT743 (335 Hp).Keunikan desain dari MT700 ini adalah posisi engine yang menjorok ke depan, melampaui ujung dari tracknya.

Salah satu fitur unggulan dari Challenger seri MT700 ini kenyamanan, hal ini tidak terlepas dari desain undercarriage-nya yang cukup unik. Menggunakan tri-link yang mengikat 3 buah roller di bagian tengah, sehingga roller dapat berosilasi, untuk meredam guncangan digunakan 2 coil spring dan shock absorber berkemampuan tinggi.
Kubota X Tractor

Bila kita melihat desain traktor satu ini, kita mungkin akan lantas membayangkan ini adalah sebuah robot. Tidak salah, karena Kubota sendiri menamakan unit traktor konsep ini sebagai 'robo tractor'.

Diluncurkan pada Januari 2020, meruapakan traktor pertanian yang mengandalkan 100% energi listrik. Mengunakan baterei lithium-ion dan dilengkapi panel surya membuat traktor ini sangat unik. Pengisian listrik bisa dilakukan melalui saluran listrik pada fasilitas pengisian baterei saat unit tidak beroperasi, sedangkan saat unit beroperasi, selain mengkonsumsi energi listrik dari baterei juga dillakukan pengisisan energi listrik yang berasal dari panel surya. Energi sinar matahari yang telah diubah menjadi energi listrik kemudian masuk ke baterei untuk digunakan dalam pengoperasian traktor.

Unit dioperasikan dari jarak jauh oleh operator dengan mentransmisikan sinyal GPS yang ditangkap oleh sensor-sensor yang dipasang pada unit, untuk pengontrolan menggunakan video camera. Unit ini dilengkapi juga dengan sistem Artificial Intelligent (AI) yang akan menyimpan setting pengoperasian. Sistem AI juga akan memonitor cuaca dan tingkat pertumbuhan tanaman yang berguna bagi operator dalam menentukan berbagai fungsi pekerjaan seperti penyiapan lahan, pembibitan, atau pemanenan.
Case IH Quadtrac

Merupakan traktor pertanian berkapasitas besar 4 track (delta track). Ada 3 model yang diproduksi oleh Case IH untuk tipe ini, yaitu Case IH Steiger 540, 580 and 620, dengan energi keluaran mulai dari 543 Hp sampai dengan 620 Hp. Seri Quadtrac ini sebetulnya memiliki 'saudara' yaitu seri Steiger. Perbedaannya, versi Steiger menggunakan 8 roda berukuran besar.

Dalam mendesain traktor ini, Case IH memberikan perhatian serius pada efisiensi tenaga yang dihasilkan, sehingga dengan kapasitas engine yang besar traktor ini bisa menghasilkan tenaga maksimum. Teknologi Quadtrac's Positive Drive yang dikembangkan oleh Case IH memungkinkan tenaga yang dihasilkan engine bisa disalurkan secara maksimum pada keempat tracknya. Bahkan Case mengklaim, energi yang disalurkan mencapai 100%!

Namun tenaga yang besar tidak ada artinya jika tidak diimbangi dengan penyalurannya ke permukaan tanah yang dipijaknya. Supaya tekanan pada permukaan tanah maksimum, Case IH mendesain masing-masing track dapat berosilasi 10 sehingga pada permukaan tanah yang sangat buruk, semua tracknya bisa menjejak tanah dengan kuat.
BACA JUGA  Foto : Fakta-Fakta BelAZ 75710, Mining Dump Truck Terbesar di Dunia

(FIP)

Tinggalkan Balasan