News Picture

Foto : Berbagai Inovasi Produk di CONEXPO 2020

CONEXPO-CON/AGG adalah salah satu pameran alat berat terbesar di dunia yang menjadi barometer perkembangan industri alat berat, bersama dengan BAUMA. CONEXPO-CON/AGG sendiri merupakan pameran alat berat terbesar di Amerika Utara yang diadakan di kota Las Vegas, AS.

Pada event yang berlangsung setiap tiga tahun ini menjadi kesempatan bagi pabrikan-pabrikan alat berat dan produk-produk pendukungnya untuk memperkenalkan produk-produk yang menjadi andalannya baik yang telah dipasarkan maupun produk-produk yang akan diluncurkan, disamping alat-alat berat konsep.

Cikal bakal event CONEXPO-CON/AGG adalah 2 pameran alat berat yang berlangsung di AS, yaitu CONEXPO dan CON/AGG. CONEXPO pertama kali digelar pada tahun 1909 di Columbus, Ohio, sementara CON/AGG diadakan pertama kali pada tahun 1928 di Detroit, Michigan. Pada tahun 1996, kedua event besar ini digabungkan menjadi CONEXPO-CON/AGG dengan tempat pelaksanaannya di Las Vegas, Nevada sampai dengan saat ini.

Pada tahun 2020 ini, CONEXPO-CON/AGG kembali diadakan pada tanggal 10 – 14 Maret 2020, walaupun dibayang-bayangi pandemi Covid-19 yang telah menjadi masalah global. Namun begitu, pameran akbar ini tetap berlangsung dengan meriah.

Berikut adalah sebagian produk-produk andalan yang ditampilkan pada event ini.

Produsen alat berat asal Tiongkok, XCMG, menampilkan produk andalannya: XCMG XE35U-E. Unit ini adalah mini excavator yang ditenagai energi listrik yang diklaim XCMG pertama di dunia yang 100% menggunakan tenaga listrik, bukan sekedar hybrid.

Mini excavator yang dijuluki 'Blue Boy' ini memiliki bobot 4200 kg, dengan kapasitas bucket 0.52-0.61 m3, panjang boom 2,6 m. Si 'tampan' ini mampu menghasilkan tenaga 24,4 Hp pada 2200 rpm. Bila batereinya penuh terisi, unit ini mampu beroperasi penuh selama 12 jam.
Nampaknya tren alat berat di masa depan adalah alat berat yang menggunakan energi listrik sebagai sumber tenaganya, Di CONEXPO 2020, Volvo juga menampilkan mini loader elektriknya: yaitu Volvo Mini Loader L25H.. Penampilannya di CONEXPO ini bukanlah kali pertama Volvo menampilkan L25H.di sebuah pameran alat berat akbar. Sebelumnya L25H telah ditampilkan pada Bauma 2020.

Unit yang dilengkapi bucket standar 0,9 m3 ini memiliki kapasitas angkat maksimum 3,3 ton ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 48,2 Hp. Selain sebagai loader, unit ini juga didesain untuk bekerja dengan attachment fork. Menariknya, tersedia 4 pilihan pengisian energi listrik : 8A, 13A, 16A dan 32A, dengan lama pengisian baterei dari 2 jam sampai dengan 20 jam. Bila batereinya penuh terisi, L25H mampu beroperasi selama 8 jam.
Tidak hanya L25H, Volvo juga menampilkan mini excavator bertenaga listrik ECR25D. Mini excavator 2,5 ton ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 19,8 Hp. Ada beberapa pilihan ukuran bucket yang bisa digunakan dari mulai 0.03 - 0.12 m³.
Pabrikan alat berat asal Amerika Serikat, Case, tidak mau kalah dengan menampilkan backhoe loadernya yang bertenaga listrik: Case 580 EV. Unit ini merupakan backhoe loader full electrical pertama di dunia.

Dihasilkan dari sebuah proyek pengembangan alat berat bertenaga listrik yang dinamakan Project Zeus,. Case 580 EV ini menjadi alat berat bertenaga listrik pertama di dunia yang diproduksi dan dipasarkan secara massal. 

Sumber tenaganya adalah sebuah baterei lithium-ion yang dapat menyimpan energi listrik maksimum 90 kWh dan bekerja selama 8 jam non stop. Yang menarik dari unit ini, energi listrik dari baterei dialirkan terpisah ke drivetrain dan hydraulic motor. Dengan konfigurasi seperti ini breakout force yang dihasilkan menjadi maksimum, sama dengan yang dihasilkan unit yang menggunakan engine diesel. Kemampuan unit pun meningkat pada pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kombinasi fungsi loader dan drivetrain.
Caterpillar menampilkan unit-unit wheel loader yang bisa dikendalikan dari jarak jauh, seperti Cat 930M ini. Unit ini menggunakan engine diesel seperti pendahulunya, namun menariknya Cat menanamkan fitur Cat Command System yang membuat operator mampu mengendalikan unit ini dari jarak jauh.

Ada 2 pilihan aplikasi Cat Command System yang bisa dipilih customer: line of sight dan non line of sight. Opsi line of sight bisa dipilih jika customer ingin mengoperasikan satu unit saja dari jarak jauh, dimana operator dapat melihat unit bekerja. Sedangkan opsi non line of sight bisa dipilih jika customer ingin mengoperasikan beberapa alat dari jenis yang berbeda sekaligus, dimana operator mengendalikan semua unit dari sebuah ruang pengendali (workstation).

Fitur Cat Command System ini bersifat opsional, unit ini diproduksi secara standar dimana operator mengoperasikan unit dari kabin.
John Deere juga tidak mau ketinggalan menampilkan produk andalannya di CONEXPO 2020. Tidak tanggung-tanggung, John Deere memboyong wheel loader yang masuk kategori 'big machine': John Deere 944K hybrid wheel loader, yang merupakan unit berteknologi hybrid terbesar di pameran ini.

BACA JUGA  Foto : Persiapan Pengiriman 8 Unit Belaz-75131 ke PT. Darma Henwa

John Deere melengkapi unit ini dengan fitur-fitur canggih diantaranya adalah SmartWeigh™ yang merupakan sistem penghitungan beban terintegrasi. Dengan
teknologi ini operator dapat memuat material dengan bobotnya secara akurat tanpa harus memperlambat atau menghentikan unit. Fitur ini terintegrasi dengan JDLink™, yang akan menampilkan data payload yang bisa dimonitor di JDLink portal dan JDLink Mobile.

Fitur SmartAttach akan membuat pemasangan attachment menjadi mudah dengan langsung mengkonfigurasikan unit sesuai attachment yang akan dipasang.

Tidak ketinggalan, fitur canggih Advanced Rear Object Detection System juga disematkan di unit ini. Fitur ini akan mendeteksi adanya benda yang lokasinya di bagian belakang unit yang jaraknya cukup dekat yang berpotensi membentur unit.

Di CONEXPO 2020, Bobcat menampilkan 3 unitnya yang berteknologi hybrid atau full electric. 3 unit ini adalah Bobcat E17e, merupakan sebuah electric/hydraulic excavator; Bobcat S70e, sebuah electric/hydraulic loader dan T76e, sebuah full electric loader. Ketiga model Bobcat ini masih merupakan unit konsep yang akan menjadi cikal bakal pengembangan di kemudian hari.

Ketimbang menggunakan kombinasi sistem elektrik-hidraulik-mekanikal yang banyak digunakan pada alat-alat berat konsep selama ini, Bobcat mengkombinasikan sistem elektrik-mekanikal pada unit T76e, sehingga unit ini lebih mudah dikontrol dan memudahkan dalam perawatannya.

(TW)

Tinggalkan Balasan