News Picture Product Update

Foto : DA45-5, Varian Baru Articulated Dump Truck Doosan

Untuk memperkuat eksistensinya sebagai penyedia peralatan berat pertambangan dan konstruksi, Doosan Infracore, pabrikan alat berat asal Korea Selatan meluncurkan model-model Articulated Dump Truck (ADT) terbarunya. Salah satu model ADT yang dirilis adalah Doosan DA45-5, ADT kelas 45 ton. Ini merupakan ADT terbesar yang diproduksi Doosan. Sebelumnya Doosan telah memproduksi ADT kelas 30 ton dan 40 ton.

Doosan ADT merupakan pengembangan dari ADT yang diproduksi oleh Moxy, sebuah perusahaan alat berat asal Norwegia, yang diakuisisi oleh Doosan pada pada tahun 2009.

DA45-5 pertama kali tampil di depan publik pada ajang CONEXPO-CON/AGG 2020, yang berlangsung pada 10-14 Maret 2020 di Las Vegas, AS. Bersama saudaranya, DA30-5, kedua articulated dump truck terbaru Doosan ini berhasil memukau perhatian pengunjung berkat berbagai teknologi canggih yang disematkan pada unit ini.
Sejatinya, DA45-5 merupakan upgrade dari DA40-5. Hal ini didasari adanya kebutuhan alat angkut yang lebih besar dan lebih efisien pada proyek-proyek konstruksi skala besar atau pertambangan.
Suspensi depan DA45-5 menggunakan teknologi hydro-gas yang dikombinasikan dengan sistem self-leveling yang mampu menyerap getaran dengan baik dan mempermudah pengendalian unit pda saat tidak bermuatan. Silinder hydro-gas terhubung dengan sebuah akumulator menggantikan fungsi shock absorber dan per karet pada unit-unit ADT Doosan yang lama. Sistem suspensi baru ini juga memiliki fitur self-leveling dan penyesuaian tekanan, sehingga operator dapat mengatur ketinggian suspensi dan keras/lembutnya suspensi. Semua cukup dilakukan dari dalam kabin.
Ditenagai engine Scania DC13, 12,7 liter, 6 silinder, yang mampu mengeluarkan tenaga maksimum 493 hp pada putaran mesin 2100 rpm, dan torsi 2373 Nm pada putaran mesin 1300 rpm, unit berbobot 30,1 ton (kosong) ini mampu mengangkat beban maksimum 41 ton atau 24,4 m3.

Untuk meningkatkan traksi pada medan-medan yang ekstrim, unit ini dilengkapi differensial limited slip yang membagi tenaga dari engine ke kedua ban depan dan tandem belakang, sehingga torsi yang dihasilkan menjadi maksimum. Untuk memberikan traksi maksimum, Doosan mendesain gearbox unit ini dapat berayun menyesuaikan posisi ban dan kemiringannya, sehingga tidak ada torsi yang terbuang sia-sia. Unit pun dapat melaju dengan bertenaga dan tetap stabil baik saat bermuatan penuh maupun kosong.
Membawa muatan penuh di jalan menurun tidak menjadi masalah bagi unit ini berkat sistem pengereman terbaru Doosan. Seperti pada umumnya dump truck, Doosan DA45-5 dilengkapi 4 fungsi pengereman: pengereman konvensional dengan teknologi cakram berpendingin oli (lifetimenya bisa mencapai 15.000 jam), electronic engine brake, hydraulic transmission retarder dan parking brake.

Saat menuruni medan berbukit, operator cukup menginjak atau melepas pedal akselerasi untuk mengaktifkan engine brake dan retarder secara bersamaan. Tuas untuk mengaktifkan retarder terletak di sebelah kanan bawah dari kemudi. Ada 4 level retarder yang bisa dipilih operator sesuai daya pengereman yang dibutuhkan: 100%, 75%,50% dan 25%. Untuk mengoperasikan retarder dapat juga dilakukan dengan tombol keypad pada kontrol display.
Untuk mencegah unit mengalami overload muatan, DA45-5 dilengkapi sistem pengukuran payload yang dapat dimonitor dari layar LCD di kabin. Sistem ini akan memberikan peringatan kepada operator berupa lampu indikator seperti traffic light dengan warna hijau, kuning dan merah yang terpasang di bagian luar unit, sehingga baik operator ADT ini maupun operator alat muat (excavator/wheel loader) dapat mengetahui tingkat bahaya bobot muatan yang sudah dimuat. Jika lampu hijau menyala, bobot muatan masih masuk dalam standar yang diizinkan, jika lampu kuning yang menyala berarti muatan sudah melebihi batas yang diizinkan tapi tidak melebihi 10%, ADT masih bisa mengangkut material dengan kehati-hatian, dan jika lampu merah menyala, muatan sudah melebihi batas yang diizinkan dan unit tidak bisa digerakkan sampai dengan muatan dikurangi. Sistem ini merupakan standar kelengkapan unit.
Untuk menaikkan dump body saat melakukan dumping material, selain dengan menginjak pedal akselerator untuk menaikkan rpm seperti dump truck pada umumnya bisa dilakukan dengan menekan sebuah tombol pada tuas body hoist yang terletak pada sisi kanan operator.

Untuk menjaga unit tidak terguling saat melakukan dumping material pada kontur medan yang berbeda-beda, DA45-5 dilengkapi fitur Over Centre of Gravity (OCG), dimana pusat keseimbangan (centre of gravity) unit bisa digeser untuk menyeimbangkan unit. Fitur ini akan mengatur secara otomatis kecepatan tipping (kenaikan dump body). Pada saat dumping pada area menanjak fitur OCG akan memperlambat kecepatan tipping, sementara jika dumping pada area menurun, sistem OCG akan mempercepat kecepatan tipping.
BACA JUGA  DX235DM, Excavator Demolition Pertama Besutan Doosan

(HP)

Tinggalkan Balasan