Featured Products

Hadir di Indonesia: Alat Berat No. 6 di Dunia


Dalam berbagai pekerjaan konstruksi, peranan excavator sangat vital. Excavator tidak saja terlihat di banyak pekerjaan, namun seringkali excavator juga menjadi alat berat satu-satunya yang ada di pekerjaan itu. Fleksibilitas excavator menjadi alasan utama mengapa excavator menjadi alat berat yang disukai di bidang konstruksi.

Berbicara tentang berbagai pekerjaan di bidang konstruksi, salah satu ukuran yang dijadikan patokan dalam menentukan pilihan pada satu merek excavator adalah kehandalan. Kehandalan suatu excavator bisa terlihat dari kemampuan excavator tersebut mengerjakan berbagai pekerjaan sekaligus tanpa mengalami kendala berarti. Bayangkan bila dalam suatu proyek yang sangat vital dan dibatasi dengan waktu yang terbatas, excavator-excavator yang digunakan sering mengalami kerusakan.

Perbaikan yang dilakukan pun tidak mudah karena desain dari excavator tersebut cukup menyulitkan untuk melakukan perbaikan dan mekanik-mekanik pun kurang familiar dengan excavator tersebut, spare partnya sulit didapat dan mahal harganya. Alih-alih pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik, akhirnya malah proyek tersebut terancam mengalami kerugian.

Sebagai pabrikan alat berat No.6 di dunia, Zoomlion sebagai pabrikan excavator asal negeri Tirai Bambu menyadari sekali kunci utama dari sebuah excavator adalah kehandalannya. Mengeluarkan 6 model excavatornya, ZE210E, ZE230E, ZE260E, ZE360E, ZE700ESP, ZE1250ESP, Zoomlion berfokus pada kehandalan dari produk-produknya.

Sebagai contoh, pada kelas 20 ton dengan ZE210E-nya, Zoomlion melengkapi unit alat berat ini dengan engine Cummins 6BT 5.9C 150 Hp yang terkenal efisien dan handal. Yang perlu dicatat, engine Cummins ini merupakan engine Cummins yang diproduksi di Inggris, atau yang dikenal di kalangan bisnis alat berat sebagai Cummins UK. Ketimbang menggunakan sistem common rail yang di banyak tempat di Indonesia menjadi problem karena kualitas bahan bakar yang kurang baik, Zoomlion ZE210E menggunakan sistem pembakaran manual dengan menggunakan injektor. Sistem pembakaran manual yang dianggap boros bahan bakar dieliminasi dengan pengaturan aliran oli hidraulik yang diatur secara otomatis dengan aktuator, sehingga volume oli yang digunakan untuk menggerakkan berbagai fungsi excavator bisa optimal, tidak kurang dan tidak berlebihan.

Akhirnya dengan pengaturan sistem hidraulik yang optimal konsumsi bahan bakar pun bisa dihemat. Dalam prakteknya, pada pekerjaan-pekerjaan yang termasuk kategori ‘moderate’ alias sedang, ZE210E mampu beroperasi dengan baik dengan konsumsi bahan bakar berkisar 17-18 liter per jam.

Kemampuan yang handal biasanya dihubungkan dengan harga yang mahal. Namun sekali lagi Zoomlion sangat memahami kebutuhan customer-customernya. Harga produk-produk Zoomlion bisa dikatakan sangat kompetitif dibanding harga-harga excavator sejenis yang diproduksi oleh merek-merek lain. Kisaran harga excavator Zoomlion lebih murah 15-25% dibandingkan merek-merek lain.

Untuk product support-nya, Zoomlion yang di Indonesia memiliki perwakilan melalui PT. Zoomlion Indonesia menunjuk beberapa dealernya. Support disamping dilakukan oleh engineer dari PT. Zoomlion Indonesia sendiri yang bertugas memberikan pendampingan kepada mekanik-mekanik dari dealer, juga dilakukan oleh mekanik-mekanik dealer secara langsung. Mekanik-mekanik ini merupakan mekanik-mekanik berpengalaman yang telah mendapat pelatihan dari Zoomlion.

Sementara untuk spare part, item-item spare part fast moving tersedia pada dealer-dealer, sementara item-item yang termasuk kategori slow moving Zoomlion menganut sistem distribusi langsung dari pabriknya di Tiongkok. Namun jangan kuatir, sekalipun dikirimkan dari Tiongkok, ketersediaan spare part membutuhkan waktu hanya sekitar 2 minggu saja sampai tersedia di Jakarta (dalam kondisi tidak ada masalah dalam transportasi maupun clearance-nya.

Ingin mendapat penjelasan lebih lanjut untuk produk-produk excavator Zoomlion, hubungi 0821 1279 6453.

(ES)


Leave a Reply