News

Ideanomics MEG Mengumumkan Kerjasama Strategis dengan Pabrikan Truk dan Bus Terkemuka, BeiBen Heavy Truck

Ideanomics menjalin kerjasama dengan produsen truk dan bus berat terkemuka, BeiBen Heavy Truck Co. Ltd. untuk membangun kemitraan strategis jangka panjang yang akan menciptakan platform untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi penyerapan truk dan bus BeiBen. Kerangka kerja sama ini masih bersifat sementara dan implementasinya akan mengikuti dokumen formal yang masih akan dinegosiasikan dan ditandatangani antara Ideanomics dan BeiBen.

Berdasarkan perjanjian tersebut, BeiBen akan meneliti, memproduksi dan mengembangkan truk-truk listrik BeiBen, termasuk penjualan, operasional, dan sumber daya lainnya, sementara MEG akan berfokus pada penyediaan faktor-faktor pendukungnya yang meliputi jaringan layanan keuangan, marketing, hubungan dengan pemerintah, serta kerjasama dengan mitra hulu dan hilir termasuk di wilayah Asia Tenggara.

Adapun lingkup kerjasama antara BeiBen dan MEG mencakup hal-hal berikut ini:

  • Memfasilitasi penjualan truk-truk berat bertenaga listrik di Cina, diawali dari pertambangan di Mongolia dan pelabuhan Qingdao
  • Kemitraan untuk memperluas pemasaran ke Asia Tenggara melalui Treeletrik
  • Kemitraan pembiayaan yang lebih luas seperti menyediakan dana untuk memfasilitasi pembelian dari perusahaan-perusahaan, perlindungan aset, dan layanan konsultasi keuangan.

Sebagai catatan, Ideanomics MEG telah memulai pengujian customer-customer truk berat bertenaga listrik dan saat ini sedang dalam tahap uji coba operasional secara penuh pada beberapa pertambangan.

“Truk-truk besar, seperti yang digunakan pada pertambangan, secara jumlah terbilang kecil dibandingkan keseluruhan kendaraan komersial namun memiliki andil besar dalam menghasilkan polutan yang dilepaskan pada lingkungan. Kami bangga bekerja sama dengan BeiBen, sebuah produsen truk terkemuka yang berkomitmen untuk kemajuan perkembangan truk-truk bertenaga listrik. Kami akan membawa sejumlah nilai strategis ke mitra kami, BeiBen, untuk kepentingan customer-customer pemilik armada komersial,” jelas CEO Ideanomics, Alf Poor.

BACA JUGA  Mercedes-Benz New Axor – Solusi Tepat Bagi Kebutuhan Logistik Indonesia

“Solusi komprehensif dari MEG akan melengkapi kemampuan manufaktur truk-truk bertenaga listrik kami. Kemitraan yang saling menguntungkan ini akan mempercepat laju penyerapan truk-truk ramah lingkungan yang selanjutnya secara signifikan akan meningkatkan kualitas lingkungan,” tambah komisaris BeiBen, Fan Zhiping.

BeiBen (BeiBen Heavy Truck Co Ltd) adalah produsen truk-truk berat yang berbasis di Mongolia. BeiBen, (North Benz), adalah bagian dari North Industries Grup Corporation (NORINCO). Berdiri pada tahun 1988 ketika BeiBen menandatangani perjanjian dengan Daimler-Benz untuk memproduksi truk-truk Mercedes-Benz. Mercedes akan mengirimkan kit CKD untuk dirakit oleh BeiBen, rencananya dalam beberapa tahun, truk-truk Mercedes yang dirakit oleh BeiBen akan memiliki kandungan 90% suku cadang lokal.

Pabrik BeiBen Axle memproduksi axel truk berlisensi Mercedes-Benz untuk truk-truk berat. Axle ini memiliki reputasi baik di seluruh Tiongkok, Malaysia, Indonesia, Amerika Selatan dan Afrika Selatan karena kekokohannya dan daya tahannya yang tinggi. Axle ini pada gilirannya digunakan oleh produsen truk lain di Tiongkok. Selain di Tiongkok sendiri, BeiBen juga memiliki lini produksi di Afrika Selatan dan Ethiopia.

Sementara Ideanomics adalah sebuah perusahaan global yang berbasis di New York, AS, yang berfokus pada pengembangan layanan keuangan generasi mendatang melalui produk-produk Fintech. Divisi kendaraan listriknya, Mobile Energy Global (MEG) menyediakan layanan finansial dan insentif bagi pemilik-pemilik armada kendaraan listrik, termasuk pemberian diskon untuk pembelian dalam jumlah besar dan juga program buy-back baterei kendaraan.

(TW)

Baca Juga

BACA JUGA  UD Trucks Menjual Unit Pertama Quester 8x2R Kepada PT. Alamui Logistics

Tinggalkan Balasan