Product Update

Iveco Meluncurkan Racing Truck Iveco S-Way R

Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia, pabrikan truk dan bus asal Italia, Iveco, terus menggenjot persiapannya dalam menghadapi musim balap truk racing. Pada 16 Mei yang lalu Iveco menguji coba truk terbarunya, Iveco S-Way R di pabriknya yang sekaligus menjadi pusat uji coba truk-truk Iveco di Ulm, Jerman. Uji coba ini juga diikuti beberapa peserta lainnya karena adanya aturan pembatasan berkaitan dengan Covid-19.

Pada uji coba ini, Iveco menurunkan dua unit Iveco S-Way R yang masing-masing dikendarai oleh dua pembalap andalannya, yaitu Jochen Hahn dari tim Hahn Racing dan Steffi Halm dari tim Schwabentruck untuk membuktikan kehandalan dan kekuatan truk-truk ini. Acara ini disiarkan langsung pada halaman Facebook Iveco, @IVECO, sehingga para sponsor, rekan kerja tim dan penggemar-penggemarnya dapat menyaksikan berlangsungnya uji coba ini. Event ini merupakan pengulangan event serupa pada tahun 2019, yang mengawali musim balap truk pada tahun itu.

Persiapan yang dilakukan pun bukan main-main, dibutuhkan waktu 5 bulan untuk pengembangan dan pengujian truk ini. Iveco S-Way R sejatinya bukanlah varian yang betul-betul baru. Pada tahun 2019, Iveco telah meluncurkan Iveco S-Way untuk pasar komersil di daratan Eropa. Versi R (Racing) telah mengalami peningkatan pada fungsionalitas dan kenyamanan kabin, pengoptimalan aspek aerodinamis dan pengurangan koefisien Cx.

Koefisien Cx adalah suatu besaran yang menyatakan kemampuan sebuah obyek dalam mengatasi hambatan fluida, seperti udara atau air, semakin kecil koefisien Cx berarti semakin kecil hambatan fluida yang dialami obyek tersebut, semakin cepat obyek tersebut bisa bergerak. Menurut Iveco, koefisien Cx dari Iveco S-Way R berkurang 12% dari Iveco S-Way versi komersial, dengan penhematan bahan bakar mencapai 4%.

BACA JUGA  Solusi Energi Listrik Bagi Perkantoran, Weichai Genset WPG22 Series

“Tidak berlebihan jika dikatakan Iveco S-Way R adalah truk racing terbaik dengan desain paling keren yang pernah diproduksi oleh Iveco. Aku sudah tidak sabar untuk mengendarai ‘Iveco Bull’ ini di sirkuit sesungguhnya,” jelas Jochen Hahn, juara 6 kali balap truk Eropa, menggambarkan truk Iveco yang dikendarainya, yang dijulukinya “Giulia”.

“Dilihat dari penampilannya, truk yang kukendarai jauh lebih menarik dari truk yang dikendarai Jochen, jelas Steffi Halm, pembalap dari tim Schwabentruck. “Aku membayangkan pada musim kompetisi ini, melihat dari kaca spionku Jochen dan truknya berada di belakangku.”

Sebagai informasi, Iveco S-Way R menggunakan engine FTP Cursor 13, 13 liter, yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 1180 Hp dan torsi maksimum 5000 N.m. Truk ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 160 km per jam.

(LH)

Tinggalkan Balasan