Profile

JCB Merayakan Produksi Backhoe Loader yang ke-750.000

JCB, pabrikan alat berat terkemuka asal Inggris merayakan pencapaian tonggak penting dalam bisnisnya dengan memproduksi unit backhoe laoder yang ke-750.000 di pabriknya di Rocester, Staffordshire, tempat dimana backhoe loader pertama di dunia diproduksi hampir 70 tahun yang lalu.

Pada tahun 1953, Joseph Cyril Bamford, founder JCB, menyusun ide untuk membuat backhoe loader dari sebuah traktor pertanian yang dilengkapi dengan fitur front shovel di bagian depan dan excavator di bagian belakang. Produksi pertama backhoe loader JCB dilakukan pada tahun 1954. Pada tahun pertama itu, JCB hanya mampu memproduksi 35 unit backhoe loader. Butuh waktu 20 tahun bagi JCB untuk memproduksi backhoe loadernya yang ke-50 ribu. JCB sekarang memproduksi backhoe loader di Inggris, India, Brasil dan Amerika Serikat.

Pada perayaan ini, Chairman JCB, Lord Bamford, yang merupakan putra dari Joseph Cyril Bamford menyatakan, “Salah satu kenangan masa kecil yang tidak dapat saya lupakan adalah saat menyaksikan backhoe loader pertama dibuat di Rocester dan sekarang saya kembali memiliki pengalaman luar biasa dengan menyaksikan unit ke-750.000 diproduksi. Hal luar biasa lainnya saat kita melihat kenyataan bahwa backhoe loader merupakan satu jenis alat berat terpopuler di dunia setelah hampir 70 tahun sejak pertama kali diproduksi yang masih akan terus berlanjut di masa yang akan datang.”

Unit backhoe loader ke-750.000 ini merupakan edisi khusus dari model backhoe loader 3CX yang memiliki keunikan dibanding model sejenis yang dilengkapi dengan spesifikasi yang lengkap.

Phil Starbuck, 60 tahun, yang merupakan karyawan JCB terlama di bisnis backhoe loader JCB yang menjabat sebagai Backhoe Group Leader, mulai bergabung sejak 1975 sebagai karyawan magang yang kala itu baru menamatkan pendidikannya menyatakan, “Merupakan kehormatan bagi saya menjadi bagian dari tonggak perjalanan sebuah produk alat berat terpopuler. Momen ini merupakan prestasi kita, luar biasa.”

BACA JUGA  Dari Pekalongan Menjadi Galangan Kapal Berskala Nasional : PT. Barokah Marine

Shannon Ramczykowski, 22 tahun, seorang staf accounting dan karyawan teranyar yang direkrut JCB untuk bisnis backhoe loader dengan masa kerja kurang dari 1 tahun menyatakan, “Ini adalah pencapaian yang sangat mengagumkan. Saya ingin menjadi bagian dari momen seperti ini satu saat nanti walaupun saat ini merupakan awal karir saya di JCB.”

JCB memegang pangsa pasar backhoe loader terbesar di dunia selama 19 tahun berturut-turut. Model backhoe loader JCB pertama adalah Mark I, yang disusul dengan Hyddra-Digga pada tahun 1956. Kedua model awal backhoe loader JCB ini memiliki warna biru dan corak merah yang bertahan hingga tahun 1960 saat JCB meluncurkan JCB 4 yang lebih besar dan bertenaga. JCB 4 menggunakan warna kuning yang menjadi ciri khas JCB hingga saat ini.

JCB 3 mulai diproduksi pada tahun 1961, yang diikuti model JCB 3C pada tahun 1963 dan JCB 3CII tahun 1967 yang bertahan selama 13 tahun. Pada tahun 1980 JCB melakukan investasi yang cukup besar untuk ukuran masa itu yaitu £24 juta untuk membangun model baru backhoe loader yang memiliki teknologi lebih maju, JCB 3CX.

Model 3CX ini terus mengalami penyempurnaan hingga mencapai bentuknya saat ini. Dilengkapi teknologi stabilizer yang sangat berguna saat beroperasi di permukaan tanah yang tidak rata, fitur Smooth Ride System yang membuat pengoperasian menjadi nyaman saat berjalan dengan membawa muatan, dan fitur Torquelock yang mampu menghemat bahan bakar sampai dengan 25%.

(LH)

Tinggalkan Balasan