Featured Products Product Update

Kaiser Spider Excavator, Untuk Berbagai Pekerjaan yang Hampir Mustahil Dilakukan Excavator Biasa

Excavator merupakan alat berat yang paling banyak digunakan untuk berbagai pekerjaan di pertambangan, konstruksi, perkebunan dan forestry. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan excavator untuk mengerjakan berbagai pekerjaan terutama di daerah-daerah yang cukup sulit.

Bila terjadi bencana alam di Indonesia, excavator adalah alat berat yang pertama kali diterjunkan untuk membuka akses ke daerah bencana. Kemampuan excavator beroperasi di daerah-daerah yang medannya sulit memang tidak terbantahkan.

Namun, excavator pun memiliki keterbatasan, seperti di daerah yang bermedan curam atau daerah yang berbatu-batu besar, excavator akan mengalami kesulitan. Faktor penggunaan track menjadi penyebab sulitnya excavator bergerak di medan-medan seperti itu. Disaat inilah walking excavator bisa menjadi solusinya.

Walking excavator atau yang juga sering disebut dengan spider excavator adalah excavator yang tidak menggunakan track seperti umumnya excavator. Track digantikan oleh ekstension berupa 4 buah lengan dengan atau tanpa roda. Fungsi dari lengan-lengan ini tidak ubahnya seperti kaki-kaki yang dapat berjalan.

Dengan kaki-kaki ini spider excavator dapat ‘memanjat’ tebing yang curam, bergantung pada 2 tebing  maupun melintasi medan berbatu-batu besar dengan mudah. Roda-roda digunakan saat berada di area yang relatif datar. Spider excavator tetap memiliki boom, arm, bucket dan cabin seperti excavator biasa.

Kaiser AG adalah produsen terkemuka di dunia untuk spider excavator. Bersama dengan Menzi Muck AG, sebuah perusahaan asal Swiss, Kaiser AG, yang berasal dari Lichtenstein, merupakan pelopor spider excavator.

Pada pertengahan 1960-an, Josef Kaiser asal Lichtenstein dan Edwin Ernst Menzi asal Swiss bersama-sama melakukan riset untuk menciptakan excavator yang dapat bekerja di daerah-daerah ekstrim di pegunungan. Tidak mengherankan, karena Lichtenstein dan Swiss merupakan negara-negara yang terletak di daerah pegunungan Alpen.

BACA JUGA  Locatelli Crane, Line Product Baru PT. Altrak 1978

Setelah riset ini, kolaborasi pun berlanjut. Edwin Ernst Menzi dengan perusahaannya Menzi Muck AG. yang berbasis di Swiss memproduksi spider excavator pertama, MUK 2000 pada tahun 1965 di fasilitas manufakturnya, sementara Josef Kaiser dengan perusahaannya Kaiser AG di Lichtenstein berfokus kepada pemasaran dan paten dari excavator jenis baru ini.

Pada saat ini, kedua perusahaan memproduksi spider excavator dengan brand yang berbeda, Kaiser dan Menzi Muck. Namun secara sistem, kedua merek ini menggunakan sistem yang kurang lebih sama.

Fitur utama dari spider excavator ada pada chassis dan boom-nya. Didesain sedemikian rupa sehingga chassis-nya mampu menahan bobot dari unitnya dan menerima tarikan dan tekanan yang timbul selama bekerja. Boom-nya berfungsi sebagai ‘kaki’ ke-5 saat mendaki atau menuruni medan yang curam.

Hydraulic cylinder digunakan untuk menggerakkan kaki-kaki-nya, sementara untuk bergerak dengan roda-rodanya, spider excavator menggunakan travel motor independen yang digerakkan oleh pompa hidrostatik.

Dengan didisain untuk bekerja di daerah pegunungan yang berbatu-batu, spider excavator ini diklaim memiliki lifting force dan digging force lebih besar dari excavator konvensional. Sebagai perbandingannya, 9,5 ton spider excavator memiliki lifting capacity dan digging force setara dengan excavator konvensional 20 ton.

Di Indonesia, Kaiser Walking Mobile Excavator dipasarkan oleh PT. Altrak 1978. Ada 4 model yang tersedia yang disesuaikan dengan kondisi alam di Indonesia, yaitu S2 (2WD), S2 4×4 (4WD), S2 4×4 Cross (4WD) dan S2 4×4 Gator (4WD). 3 model pertama memiliki lengan-lengan yang dapat diperpanjang. Sedangkan model ke-4 memiliki kemampuan untuk berbelok tanpa bantuan boom dan arm-nya.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

PT. Altrak 1978
Jl. RC Veteran No. 4, Bintaro
Jakarta 12330
Telp : 021 – 736 1978 (Hunting)
Fax : 021 736 1977, 736 3302
Email : al78@altrak1978.co.id
Website : www.altrak1978.co.id

BACA JUGA  XCMG Mensejajarkan Diri dengan Produsen Alat Berat Terkemuka Dunia Lainnya dengan XCMG DE400 dan XE4000

Atau kantor-kantor cabang PT. Altrak 1978 terdekat.

(LH)

Tinggalkan Balasan