Technology

Kerjasama Volvo dan Voysys Membuat Pengemudi Truk dan Bus Bisa Bekerja dari Rumah

Perkembangan teknologi otomotif dan alat berat belakangan ini menunjukkan fokus para pabrikan besar dunia untuk mengembangkan teknologi pengoperasian truk, bus maupun alat berat yang dapat dioperasikan dari jarak jauh. Apalagi dengan situasi dunia yang sedang dilanda pandemi covid-19 membuat kebutuhan untuk mengalihkan pekerjaan dari rumah (Work from Home) menjadi keniscayaan.

Pabrikan truk, bus dan alat berat terkemuka dunia asal Swedia, Volvo, melakukan satu langkah maju, bekerjasama dengan Voysys, sebuah perusahaan teknologi digital yang juga berasal dari Swedia, baru-baru ini melakukan uji coba sistem autonomous pada bus.

Pada uji coba ini pengemudi berada di sebuah ruangan dengan layar video atau perangkat VR untuk melihat. Di sana tersedia remote control yang dapat mengirimkan perintah manuver atau fungsi lain dari truk. Pengemudi mendapatkan jarak pandang seluas 180 derajat.

Pengembangan ini dilakukan agar para pengemudi truk dan bus lebih terjaga istirahatnya. Mereka pun tidak perlu lagi melintasi kota dan provinsi untuk mengantarkan barang, dengan kata lain pengemudi truk dan bus bisa ikut Work From Home (WFH) dalam melewati pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Perangkat ini menggunakan sinyal 4G dan 5G untuk menghubungkan operator dengan kendaraan. Voysys menawarkan waktu latensi 75 milidetik melalui 4G dan 40 milidetik di jaringan 5G. Latensi merupakan waktu yang dibutuhkan dalam pengiriman dan penerimaan data. Voysys mengklaim bahwa teknologinya mampu menghindari kemacetan data sehingga tidak ada keterlambatan pengolahan informasi jarak jauh antara kendaraan dengan operator.

Teknologi ini mampu meningkatkan keselamatan pengemudi dengan memindahkan tempat kerjanya dari tempat berbahaya ke tempat aman. Seperti diketahui kelelahan merupakan salah satu faktor utama penyebab kecelakaan truk atau bus di jalan maupun alat berat di lokasi kerja.

BACA JUGA  Volvo Mengumumkan Peluncuran Bus Volvo B11R dan Volvo B8R di Indonesia

Dengan teknologi ini operator bus dapat langsung memantau pengemudinya di tempat yang sama sehingga dapat menghindari risiko kecelakaan akibat kelelahan. Penggantian pengemudi yang mengalami kelelahan pun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat

Teknologi ini tidak hanya bisa digunakan untuk truk dan bus, namun juga bisa dioperasikan pada pengoperasian alat berat.

(HP)

Tinggalkan Balasan