Product Update

Kubota Meluncurkan Mini Skid Steer Pertamanya, SCL1000

Pada ajang ConExpo 2020, raksasa peralatan kompak asal Jepang, Kubota, meluncurkan produk mini skid steer pertamanya di segment compact utility loader, SCL1000. Rencananya, unit ini akan tersedia secara komersial pada paruh kedua tahun ini.

Dalam penjelasan resminya, Kubota menjelaskan tujuan peluncuran unit ini untuk menjawab permintaan yang tinggi untuk peralatan kompak berkapasitas 1000 pon. “Para customer dan dealer-dealer kami sering menyampaikan kepada kami mengenai kebutuhan unit yang sedikit lebih besar daripada unit-unit kompak yang ada di pasaran saat ini. Hal ini membuat kami berpikir, inilah momen yang tepat bagi kami untuk masuk ke segmen ini,” jelas Tim Boulds, Operation Manager Construction Machinery, Kubota.

Di tengah persaingan dari kompetitor-kompetitornya pada kelas yang sama seperti Bobcat, Toro, Ditch Witch, Vermeer, Boxer, dll, apa yang membedakan produk Kubota ini?

Boulds menjelaskan, SCL1000 memiliki lebar track standar 9,8 inci, lebih lebar dibandingkan pesaing-pesaingnya yang memiliki lebar track cuma 7 inci. Dengan track yang lebih lebar pada unit yang memiliki lebar total 36 inci, unit ini memiliki ground pressure cuma 4 psi, sehingga sangat ideal untuk beroperasi pada permukaan tanah yang lunak.

SCL1000 juga memiliki fitur untuk menyalakan unit tanpa kunci (keyless start), perlindungan dengan password pada dashboardnya dan layar monitor LCD 4,3 inci. “Dari semua produk yang ada di pasaran saat ini, cuma SCL1000 yang memiliki fitur-fitur ini,” jelas Boulds.

SCL1000 memiliki kecepatan maksimum 5,1 mph yang diklaim Kubota tertinggi di kelasnya, sehingga unit ini mampu beroperasi secara cepat pada area-area yang sempit. Dengan tinggi jangkauan mencapai 84,7 inci dan jangkauan terjauh 25,9 inci pada sudut dumping 45, unit ini memiliki kemampuan seperti yang diharapkan penggunanya. “Boom loader unit ini mengadopsi boom loader seri SVL yang lebih besar”, jelas Boulds

BACA JUGA  Geospec, Makna Filosofis Dibalik Pembuatan Excavator Kobelco Acera SK 850LC

SCL1000 menggunakan engine Kubota yang mampu menghasilkan tenaga 24,8 hp. Operator pun dimanjakan dengan berbagai fitur yang memberikan kemudahan pengontrolan dan kenyamanan. Untuk mengaktifkan fungsi auxiliary hydraulic, operator cukup menekan sebuah tombol pada tuas kontrol. Pergerakan boom juga didesain ringan dan responsif, dilengkapi sistem suspensi untuk attachment yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

Untuk melengkapi unit ini, Kubota mendesain lima jenis attachment, yaitu bucket, pallet fork, auger, trencher dan skid raker (penggaruk). Unit ini diproduksi di pabrik Land Pride di Salina, Kansas, AS.

(BP)

Tinggalkan Balasan