Featured Products

Mengintip Fuso e-Canter, Andalan Mitsubishi Untuk Truk Berbahan Bakar Listrik

Tren kendaraan listrik yang hemat energi tengah naik daun di Indonesia. Menyikapi perkembangan ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso berencana menghadirkan truk listrik, e-Canter di segmen light duty truck pada ajang GIICOMVEC 2020 yang akan berlangsung pada tanggal 5-8 Maret 2020 di Jakarta Convention Center (JCC).

Sebelumnya, KTB pernah memamerkannya pada 2017 silam, tapi masih sebatas protototipe (konsep) yang belum diproduksi massal. Sementara di AS, Eropa dan Jepang, model ini sudah dipasarkan sejak 2019. E-Canter sendiri sudah digunakan beberapa perusahaan besar, seperti Seven-Eleven dan Yamato -perusahaan logistik di Jepang; United Parcel Service (UPS) dan New York Botanical Garden; dan DHL, Rhenus serta Dachser di Eropa.

Pada keterangan resminya, Mitsubishi mengklaim e-Canter sebagai truk ringan pertama di dunia yang berbasis listrik. Truk ini mengemas baterai modular HV dan permanent synchronous e-motor, yang menjanjikan tenaga 248 daya kuda dan torsi besar. Mitsubishi memulai produksi awal e-Canter di pabrik Fuso di Tramagal, Portugal, dan Kawasaki, Jepang

E-Canter dilengkapi dengan enam baterai lithium-ion yang masing-masing berkapasitas 13,8 kWh dengan voltase 420 volt untuk penyaluran energi ke motor listrik yang membuat truk ini mampu menempuh jarak 100 km dalam kondisi muatan penuh dan sangat cocok untuk keperluan niaga di dalam kota yang penuh dengan kemacetan. Baterai ini dipasok oleh Daimler yang juga merupakan anak perusahan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC).

Dibandingkan dengan truk diesel konvensional, truk ini diklaim mampu menawarkan penghematan hingga 1000 Euro (setara Rp 14,9 juta) per 10.000 kilometer untuk biaya pengoperasiannya.

Tidak hanya ekonomis, truk ini juga ramah lingkungan, karena operasinya tanpa menghasilkan emisi gas buang. Untuk daya angkut e-Canter bisa mengangkut muatan hingga tiga ton, sedangkan tampilan dalam sudah dilengkapi dengan panel modern dan layar 12 inci serta beberapa fitur lain, seperti keyless push start button.

BACA JUGA  Bobcat E45 Mini Excavator, Menawarkan Berbagai Kemudahan dan Fleksibilitas Untuk Menyelesaikan Berbagai Pekerjaan Sulit

Kehadiran truk listrik Fuso e-Canter di GIICOMVEC 2020 ini bukanlah untuk kali pertamanya, truk ini diluncurkan di New York, Amerika Serikat, pada tahun 2017 silam. Pada beberapa kesempatan pameran otomotif nasional, pihak KTB pernah memamerkannya kepada masyarakat Indonesia. Namun, mobil ini masih berstatus prototype atau tidak untuk dijual. Pada GIICOMVEC 2020, KTB akan memboyong Fuso e-Canter versi siap jualnya.

Dibanding dengan saudaranya, e-Fuso, yang diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2017, e-Canter memiliki keunggulan karena mampu menempuh perjalanan sejauh 100-120 km dengan kecepatan maksimum 80 km/jam hanya dengan sekali pengisian baterai. Sementara e-Fuso baru bisa menempuh jarak sejauh 30 km saja kemudian harus kembali dilakukan proses pengisian daya.

Penasaran ingin menyaksikan truk listrik canggih besutan Mitsubishi ini? Hadirilah pameran akbar kendaraan komersial tahun ini, GIICOMVEC 2020.

(BP)

Tinggalkan Balasan