Product Update

Pengaspalan Jalan Sempit? Sekarang Tidak Jadi Masalah dengan Attachment Penghampar Aspal Bobcat

Pekerjaan penghamparan aspal merupakan satu bagian terpenting pada proyek-proyek pengaspalan jalan. Pada bagian pekerjaan ini, aspal dihampar (disebar) oleh paver pada permukaan jalan yang telah dilapisi kerikil sebelum dipadatkan dengan roller.

Sayangnya penghamparan aspal ini sulit dilakukan pada pembuatan jalan di lokasi yang sempit karena alat berat penghampar aspal (paver) memiliki ukuran lebar penghamparan minimum 2,4 meter sampai yang terbesar bisa mencapai lebar 12,2 meter.

Padahal di Indonesia banyak jalan-jalan di perkampungan di kota-kota besar yang sempit karena padatnya bangunan di sekitar jalan itu. Untuk menyiasati hal ini penghamparan aspal dilakukan menggunakan tenaga manusia. Tentu saja penghamparan seperti ini akan berpengaruh pada kecepatan pekerjaan yang bisa dilakukan, disamping kualitas hasilnya yang rendah karena penghamparan yang dilakukan oleh manusia sangat sulit mencapai keseragaman ketebalan aspal di semua bagian jalan.

Namun sekarang pekerjaan penghamparan aspal di jalan-jalan sempit tidak lagi menjadi masalah karena Bobcat telah meluncurkan varian attachment terbarunya untuk penghamparan material. Bobcat seperti yang kita ketahui memproduksi berbagai alat berat berukuran mini seperti skid steer loader, teleskid, mini excavator dan compact telehandler. Produk-produk Bobcat dikenal karena kehandalan dan fleksibilitasnya untuk pekerjaan-pekerjaan konstruksi skala kecil.

Sejatinya attachment baru ini bisa digunakan tidak hanya untuk penghamparan aspal saja melainkan juga tanah. Attachment ini bisa digunakan di hampir semua model skid steer loadernya dari S450 sampai dengan S850/H, semua model compact track loader dan all-wheel steer loader A770/H, atau dengan kata lain satu attachment untuk banyak model.

Attachment ini didesain untuk digunakan pada pekerjaan pelebaran jalan, perbaikan jalan, pelapisan ulang aspal, pembuatan trotoar, pengerasan parit dan penghamparan material sub-base pada jalan.

BACA JUGA  Laser-Grader, Solusi Pekerjaan Grading Yang Membutuhkan Akurasi

Semua paver bekerja dengan prinsip beriringan dengan sebuah alat pemuat aspal (dump truk, wheel loader, dll). Saat aspal dituang oleh alat muat aspal ke hopper pada paver, paver berhenti sampai hopper penuh terisi aspal, atau paver berjalan pelan mengikuti alat muat aspal yang terus mengisi aspal ke hopper dari paver. Setelah aspal pada alat muat habis, seringkali alat muat aspal harus memutar arah untuk mengisi kembali aspal.

Hal ini akan menyebabkan alat muat aspal akan menginjak lapisan aspal yang sudah disebar oleh paver yang bisa menyebabkan lapisan aspal rusak. Berbeda dengan cara kerja paver pada umumnya, karena attachment ini menggunakan desain offset yang tidak menggunakan hopper, aspal cukup dibuang pada beberapa titik pada jalan, selanjutnya Bobcat yang dilengkapi attachment ini akan menghampar dan meratakan aspal sebelum dipadatkan dengan mini roller. Penataan aspal dilakukan oleh dua sayap yang bisa diatur kelebarannya dan sudut bukanya.

Pemasangan attachment ini juga bisa dilakukan dengan cepat berkat fitur Bob-Tach yang sudah menjadi standar pada semua unit Bobcat, setelah terpasang attachment ini bisa dikunci agar lebih kuat terpasang pada unit. Untuk mengikuti kontur jalan, attachment ini bisa dimiringkan 5°. Untuk aplikasi khusus, bisa dipasang sayap tambahan yang tersedia secara opsional.

Bobot attachment ini 675 kg, dengan lebar standarnya 190 cm yang bisa diperlebar sampai dengan 196 cm (opsional). Saat dioperasikan, unit Bobcat yang dipasang attachment ini memiliki kecepatan yang direkomendasikan 50-120 m/menit. Attachment ini bekerja dengan tenaga hidraulik dengan oil flow 45 l/menit dan tekanan oli 250 bar.

(TGS)

Tinggalkan Balasan