Technology

Pengujian Protype Liebherr T236 Diesel – Electric Dump Truck

Pada MINExpo 2017 yang lalu Liebherr menampilkan prototipe dump truck 100 ton dengan sistem electrical drive, T236. Tidak cukup hanya sebagai prototipe, Liebherr melanjutkan pengujian lapangan bagi unit ini di tambang Erzberg Iron di Austria. “Tambang Erzberg memberi kami sebuah fasilitas pengujian yang langka,” kata Dr. Burkhard Richthammer, Managing Director Design and Technic, Liebherr Mining Equipment. Sebagai contoh, tambang ini memiliki armada dump truck 100 ton, yang memungkinkan Liebherr untuk membandingkan langsung T236 dengan unit dump truck yang sekelas.

Terletak di Pegunungan Alpen, kondisi iklim di lokasi tambang ini cukup ekstrem, bisa berkisar dari minus 4 derajat Fahrenheit dan salju hingga temperatur di pit 104 derajat Fahrenheit. Beroperasi selama 330 hari dalam setahun, 24 jam sehari, Erzberg juga memiliki medan menanjak dan menurun yang bervariasi. Richthammer mengatakan bahwa site ini memiliki kondisi medan yang ideal untuk melakukan pengujian beberapa fitur T236 seperti sistem pengontrolan tenaga unit secara independen, sehingga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang efisien dan daya yang optimal pada semua grade tanjakan dan turunan. T236 juga mengunakan fitur sistem pengereman 4 arah, yang menurut Liebherr adalah yang pertama di kelasnya.

“Kelas ini adalah kelas terbesar rigid dump truck yang menggunakan sistem diesel-electric,” kata Richthammer. “Unit ini cukup mudah untuk dipindahkan. Anda bisa menggunakan lowboy untuk memindahkannya ke lokasi lain.

T236 memiliki torsi awal yang besar dan kemampuan menyesuaikan tenaga terhadap kondisi medan. Menggunakan sistem kontrol Litronic Plus Generation 2 A, sistem ini memiliki fungsi “Active Front End”, yang memungkinkan tenaga mesin yang tidak terpakai digunakan untuk memperlambat unit sekaligus memberikan tambahan tenaga.

Sistem Litronik Plus menggunakan baterai dua kutub. Untuk memastikan keamanan saat mekanik bekerja, starter motor dan silinder diisolasi agar tidak terjadi hubungan arus pendek. Alternator dipasang jauh dan terhubung ke kotak splitter dengan poros penggerak yang memudahkan pengaksesan pada saat pekerjaan service.

BACA JUGA  Rolls-Royce Melakukan Pengiriman Pertama Engine MTU Stage V Bagi ADT Bell

“Powertrain, traction motor pada bagian roda, termasuk sistem gear T236 ini dikembangkan sepenuhnya oleh Liebherr,” tutup Richthammer. T236 dapat bekerja secara produktif dengan empat model excavator besar Liebherr, R 9100, R 9150, R 9200 dan R 9250.

Setelah pengujian di wilayah Ertzberg ini, Liebherr akan melanjutkan uji coba T236 ke Afrika Selatan dan lokasi lainnya. Penyerahan unit kepada customer diperkirakan dalam waktu dua sampai tiga tahun.

(FIP)