Product Update

P&H 2650CX Hybrid Shovel Siap Menjawab Kebutuhan Pertambangan Skala Besar

Untuk menjawab kebutuhan pertambangan akan alat-alat berat yang semakin efisien, Komatsu Mining baru-baru ini meluncurkan rope shovel berteknologi hybrid, P&H 2650CX, Rope shovel ini diklaim mengkombinasikan kehandalan rope shovel P&H, fleksibilitas hydraulic excavator Komatsu, dan kecanggihan teknologi wheel loader elektrik Komatsu, yang mampu meminimalkan total biaya kepemilikan (ownership cost) alat sebesar 10-15%.

Cikal bakal P&H 2650CX ini berawal dari grup-grup diskusi yang diinisiasi Komatsu dengan customer-customernya dari perusahaan-perusahaan pertambangan. Dari diskusi ini mencuat adanya kebutuhan akan excavator-excavator pada kelas 550-700 ton yang mampu berproduksi sama atau lebih baik dari excavator-excavator yang saat ini ada di pasaran, namun dengan biaya kepemilikan total yang lebih rendah.

Sebetulnya, ini bukan kali pertama Komatsu memproduksi unit hybrid shovel P&H 2650CX, sebelumnya pada awal 2016, Komatsu telah memproduksi satu unit P&H 2650CX, namun unit ini baru bersifat uji coba. Walaupun begitu, unit ini sukses menjalani uji coba lebih dari 22.000 jam operasi di lingkungan pertambangan-pertambangan yang ekstrim, seperti di Arizona yang panas, maupun di wilayah pegunungan Rocky Mountain pada saat musim dingin dengan elevasi yang tinggi. Dengan payload 59 ton unit ini memiliki pasangan ideal dump truck berkapasitas 220 ton yang dapat dimuat penuh sebanyak empat kali pemuatan (pass). Namun unit P&H 2650CX bisa dikombinasikan dengan dump truck dari kelas 135 ton sampai dengan 360 ton.

Dari hasil uji coba ini ternyata P&H 2650CX mengkonsumsi bahan bakar 40-50% lebih irit dibandingkan hydraulic excavator ukuran yang sama, dengan kemampuan produksi yang lebih baik. Selama pengujian ini, engineer-engineer Komatsu melakukan serangkaian tes untuk mengumpulkan data dan informasi penting untuk pengembangan selanjutnya.

BACA JUGA  Komatsu Excavator PC195LC-8, Excavator Efisien Untuk Berbagai Pekerjaan Infrastruktur

Dalam penjelasannya Komatsu memaparkan, teknologi yang digunakan pada unit ini adalah Switch Reluctance (SR), dimana teknologi ini sudah diaplikasikan pada unit-unit wheel loader hybrid Komatsu sejak lebih dari dua dekade yang lalu. Ada lebih dari 150 unit wheel loader yang menggunakan teknologi ini di seluruh dunia. Teknologi yang telah merevolusi pasar wheel loader ini yang sekarang diaplikasikan pada shovel.

Teknologi SR Hybrid Drive disematkan pada hybrid shovel untuk mengubah energi yang dihasilkan 2 engine diesel yang bertenaga total 3200 Hp menjadi energi listrik melalui sebuah SR generator yang selanjutnya akan ditransmisikan pada hoist, boom, bucket dan swing motor. Saat unit menurunkan posisi bucket atau memperlambatk ecepatan swing, motor beralih fungsi menjadi generator yang akan mensuplai energi ke unit dan menghentikan suplai bahan bakar yang mampu menghemat bahan bakar sekitar 17% pada pekerjaan penggalian, swing, membuang material dan swing balik.

Saat operator kembali menginjak pedal akselerator, SR Hybrid Drive menyuplai energi yang tersimpan pada sebuah kapasitor berkemampuan tinggi dan batere. Saat bersamaan, bahan bakar kembali disuplai ke engine dan engine kembali berputar. Energi gabungan dari kapasitor, batere dan engine ditransmisikan kembali pada hoist, boom, bucket dan swing motor. Tambahan energi dari kapasitor dan batere cukup signifikan sebesar 550 Hp.

Dengan digantikannya tenaga hidraulik menjadi tenaga listrik yang bisa diregenerasi menghasilkan penghematan oli hidraulik 50-60% dibandingkan konsumsi oli hidraulik pada hydraulic excavator, yang juga berarti penghematan spare part, komponen, dan perawatan rutin.

Memiliki kemampuan yang tinggi, unit ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti PreVail Remote Health Monitoring yang berfungsi memonitor unit berdasarkan settingan yang sudah dilakukan sebelumnya dan akan menginformasikan operator bila terjadi penyimpangan sehingga operator bisa langsung mengambil tindakan untuk mengoreksi. Disamping itu, fitur Komatsu’s LINCS II akan melengkapi fitur PreVail Remote Health Monitoring dengan menginformasikan operator parameter-parameter unit secara grafis. Informasi-informasi real time ini bisa dikonfigurasikan ulang sesuai keinginan operator.

BACA JUGA  Aplikasi AC Drive Pada Berbagai Giant Rigid Dump Truck

Kombinasi data dan informasi yang dihasilkan kedua fitur ini bisa dibaca secara langsung pada layar display berupa angka, grafis maupun permodelan yang bersifat prediktif.

Walaupun memiliki konstruksi yang besar dan kompleks, P&H 2650CX memberikan kemudahan saat proses pengangkutannya ke site, karena unit ini bisa dipecah menjadi 14 bagian yang memudahkan saat pembongkaran, asembling maupun saat penggantian komponen-komponen tertentu yang cocok diaplikasikan pada medan-medan pertambangan yang cukup luas areanya dan memiliki kontur yang bervariasi.

(TGS)

Tinggalkan Balasan