Featured Products Product Update

Pindad Excava 200, Alat Berat Pertama Buatan Indonesia

PT. Pindad, sebuah BUMN yang memproduksi berbagai peralatan tempur mengambil langkah strategis dengan memasuki industri alat berat komersial dengan meluncurkan produk excavator. Peluncuran excavator pertama buatan anak bangsa ini menjadi satu tonggak penting dalam industri alat berat Indonesia, Excavator yang memiliki brand Pindad ini baru diproduksi untuk 1 kelas yaitu 20 ton, yaitu Excava 200.

Peluncuran Pindad Excava 200 yang dilakukan pada tanggal 10 September 2015 di kantor pusat PT. Pindad di Bandung. Sebelumnya, excavator ini telah melalui proses pengujian dari PT. Sucofindo yang meliputi working range dan uji fungsi dan dinyatakan memenuhi persyaratan dan berhak mengantongi sertfikat SNI. Pada Juni 2016, Pindad Excava 200 mulai memasuki proses produksi masal.

Menarik untuk dicermati, keberanian langkah PT. Pindad untuk meluncurkan produk alat berat di tengah-tengah kelesuan permintaan alat berat yang dialami semua brand-brand alat berat terkemuka dalam beberapa tahun terakhir setelah kelesuan pada sektor pertambangan. Namun tentunya, PT. Pindad telah mengukur situasi yang ada dan mempersiapkan langkah-langkah antisipasinya untuk mengubah tantangan menjadi peluang.

Untuk tahap awal, customer-customer Pindad Excava 200 ini akan berasal dari instansi-instansi pemerintah, seperti PPK Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPERA) yang memesan 500 unit dan Kementerian BUMN yang memesan 100 unit.

Dengan menggunakan kandungan lokal mencapai 60%, PT. Pindad bekerjasama dengan berbagai BUMN terkait seperti PT PAL, PT Dirgantara Indonesia, PT Krakatau Steel, PT Len, PT Barata Indonesia, dan PT Boma Bisma Indra. Beberapa komponen seperti engine dan perangkat kontrol elektronik yang belum bisa diproduksi di Indonesia, masih menggunakan brand-brand yang sudah dikenal luas.

Excavator ini dibanderol dengan kisaran harga USD 90-110 ribu, cukup kompetitif dibandingkan berbagai brand excavator asal Amerika, Jepang maupun Eropa. Tentunya sebagai produk awal, excavator ini memiliki banyak kekurangan, namun komitmen pemerintah dan keberanian PT. Pindad untuk mulai memasuki industri canggih ini perlu diacungi jempol.

BACA JUGA  Locatelli Crane, Line Product Baru PT. Altrak 1978

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

PT. Fajarmas Murni
Jl. Raya Narogong No. 214
Rawalumbu, Bekasi 17001
Jawa Barat

Mail : Po.Box 295
Phone (+62-21) 820-3989, 820-3990 (hunting)
Fax (+62-21) 820-3993, 820-3994, 820-3985
Email bekasi@fajarmasmurni.com

Website : http://www.fajarmasmurni.com

(ES)

Tinggalkan Balasan