News Technology

Rolls-Royce Melakukan Pengiriman Pertama Engine MTU Stage V Bagi ADT Bell

Bell Equipment, pabrikan alat berat internasional yang memproduksi berbagai jenis alat berat termasuk Articulated Dump Truck (ADT) baru-baru ini menerima enam engine MTU  Seri 1000 – 1500 untuk pertama kalinya dari Rolls-Royce yang memenuhi standar emisi Euro 5. Engine-engine ini memiliki daya dari 170 hingga 430 kW.

Sebelumnya, Rolls-Royce bersama Bell Equipment telah berkolaborasi selama beberapa tahun melakukan pengujian engine-engine MTU yang diaplikasikan pada ADT Bell dalam kondisi operasi yang ekstrim di Afrika Selatan untuk memastikan dump truck Bell bisa beroperasi secara handal dan efisien. Selama uji coba ini, engine-engine MTU varian off-road yang telah dioptimalkan dengan peningkatan filterisasi gas buangnya.

Bell Equipment dan Rolls-Royce dengan engine-enginenya yang dibesut dengan brand MTU telah bekerja sama sejak tahun 1990-an. Rolls-Royce sendiri tidak hanya menjadi pemasok lebih dari 1000 engine MTU per tahun bagi Bell Equipment, tetapi juga menjadi mitra teknologi dalam semua keputusan desain dan konstruksi yang terkait dengan emisi – termasuk peningkatan kemampuan ADT-ADT Bell.

Kerjasama ini dilakukan untuk mengantisipasi penerapan syarat kadar emisi yang lebih ketat. Untuk itu, Rolls-Royce telah mendesain dua protipe engine Euro 5 bagi Bell yang telah diuji coba selama kurun waktu 2016 silam. Kedua engine itu adalah MTU 6R 1000, 260 kW dan 6R 1500, 430 kW. Uji coba dilakukan di area dengan iklim panas dan berdebu maupun area dengan ketinggian ekstrim hingga 3000 meter di Afrika Selatan.

“Selama uji coba kami memperoleh berbagai pengalaman yang tidak ditemukan pada tes-tes simulasi sebelum uji coba ini, hal ini dikarenakan adanya interaksi nyata antara engine dan unit-unit ADT Bell yang berpengaruh terhadap karakter operasional keseluruhan. Data-data yang diperoleh selama uji lapangan kami kumpulkan dari sensor-sensor yang terpasang pada engine, dimana data-data ini selanjutnya digunakan dalam menentukan konfigurasi komponen-komponen engine,” jelas Stefan Rudert, Kepala Penjualan dan Teknik Aplikasi untuk Konstruksi & Pertanian di MTU.

BACA JUGA  Sistem Hidraulik Alat Berat : Open-Loop vs Closed-Loop, Mana Yang Lebih Baik?

Rencananya, engine-engine Euro 5 yang diproduksi secara masal nantinya akan ditingkatkan fitur-fiturnya secara bertahap oleh Bell. Selain teknologi gas buang SCR dari MTU, juga akan mencakup katalis oksidasi diesel (DOC) dan filter partikulat diesel (DPF). Semua komponen ini akan dikemas dalam sebuah modul yang ringkas yang terpasang di belakang kabin operator.

Aspek positif lain dari engine-engine yang telah mengadopsi teknologi emisi baru ini adalah kemampuannya dalam mengurangi pemakaian bahan bakar.

Sebagai persiapan untuk menghadapi regulasi emisi yang baru, Rolls-Royce telah menyiapkan sekitar 100 engine MTU yang sedang menjalani uji coba dengan berbagai produsen alat berat. Total lebih dari 110.000 jam operasi diakumulasikan, dengan masing-masing engine dioperasikan non-stop selama lebih dari 4000 jam. Engine-engine MTU ini akan disertifikasi sesuai dengan persyaratan Euro 5 dan siap memasuki pasar.

(LUKH)

Baca Juga

BACA JUGA  Inovasi Astra UD Trucks Mendukung Bisnis Logistik di Indonesia

Tinggalkan Balasan