Safety

Scania Memperkenalkan Fitur Deteksi Samping

Scania memperkenalkan dua fungsi yang dapat melakukan pendeteksian obyek yang berada di bagian samping truk-truk Scania. Fitur ini bisa menghindarkan truk mengalami kontak dengan pengguna jalan lainnya.

Kedua fungsi ini bekerja secara paralel dan saling tumpang tindih satu dengan yang lain, bukan memiliki fokus masing-masing yang terpisah. Kedua sistem ini adalah:

Fungsi Blind Spot Warning (BSW) yang bekerja pada kedua sisi truk. Fungsi ini akan bekerja mendeteksi obyek-obyek yang bergerak dengan kecepatan lebih dari 2 km/jam, termasuk disini sepeda motor.

Fungsi Vulnerable Road User Collision Warning (VRUCW) yang bekerja hanya pada sisi penumpang truk yang akan mendeteksi obyek-obyek yang bergerak dengan kecepatan sampai 36 km/jam.

Kedua fungsi bekerja dengan dipicu oleh deteksi yang dilakukan oleh radar, sensor dan kamera yang bekerja secara simultan. Perangkat-perangkat ini memberikan peringatan suara dan tampilan visual kepada pengemudi yang terekskalasi dalam tiga level.

Kedua fungsi ini merupakan bagian dari sistem Advanced Driver Assistant Systems (ADAS) dari Scania yang memberikan bantuan kepada pengemudi truk untuk memonitor area tidak terlihat (blind spot) di sekeliling truk. Kecelakaan yang sering dialami truk adalah ketika truk berbelok pada persimpangan jalan, dimana pengendara sepeda motor yang berada di sisi dalam arah belokan truk sering tidak mengantisipasi gerakan truk.

Dengan fungsi deteksi samping ini, bila ada sebuah mobil, sepeda motor, sepeda atau pejalan kaki berada area beresiko di sekitar truk, sistem akan memberikan peringatan kepada pengemudi, sehingga pengemudi dapat menghentikan truk segera dan menghindarkan terjadinya kecelakaan fatal.

(HP)

Tinggalkan Balasan