Technology

Schneider Electric Perkenalkan Ecostruxure Machine Advisor untuk Memaksimalkan Pemanfaatan Data dari OEM

Di tengah digitalisasi yang cepat, Original Equipment Manufacturer (OEM atau produsen pembuat komponen) harus menyediakan layanan yang lebih baik untuk meningkatkan kelincahan dan respons dari pelanggan mereka. Schneider Electric, pemimpin dalam transformasi digital manajemen energi dan otomatisasi, hari ini memperkenalkan EcoStruxure Machine Advisor, sebuah platform yang memungkinkan OEM untuk Melacak, Memantau, dan Memperbaiki mesin dari jarak jauh, serta memberikan keuntungan yang signifikan kepada operator.

Kesadaran operasional secara real-time sebagai keunggulan yang kompetitif

Didorong oleh adopsi konektivitas yang cepat, mobilitas, komputasi awan dan analitik data besar, digitalisasi di bidang manufaktur memiliki potensi yang sangat besar. Menurut survei McKinsey 2015, pada tahun 2025, digitalisasi akan mengurangi waktu distribusi ke pasar sebesar 20% -25%, mengoptimalkan keahlian sebesar 45% -55%, dan mengurangi downtime dari pengoperasian alat berat hingga 50%.

Dalam lingkungan yang sangat kompetitif ini, OEM memerlukan solusi yang dapat meningkatkan konektivitas alat berat mereka, memberi mereka kesadaran operasional secara real-time, dan akses ke mesin mereka untuk mengoptimalkan efisiensi operasional sambil mengembangkan peluang bisnis baru, misalnya dalam layanan bisnis. Manfaat ini harus diteruskan kepada operator, dengan tetap menjamin keselamatan dan keamanan data.

Memaksimalkan pemanfaatan data dengan EcoStruxure Machine Advisor

Berdasarkan rekam jejaknya di segmen OEM, EcoStruxure™ Machine Advisor dari Schneider Electric menawarkan tingkat efisiensi dan pertumbuhan baru dengan mengubah data menjadi analisa penting bagi pembuat mesin.

“Dengan EcoStruxure Machine Advisor, OEM mendapatkan akses jarak jauh secara real-time ke mesin mereka, memungkinkan mereka untuk menambah dan memodifikasi layanan baru untuk setiap mesin yang dipasang di setiap lokasi produksi di seluruh dunia,” jelas Country President Schneider Electric Indnesia Xavier Denoly.

BACA JUGA  Berfokus Pada Solusi Transport Perkotaan Rendah Polusi, Scania Meluncurkan Truk Masa Depan

EcoStruxure Machine Advisor menyediakan kerangka kerja yang sepenuhnya terhubung untuk pengoperasian alat berat yang andal melalui tiga fungsi utama:

  • Pelacakan: Para OEM dapat memvisualisasikan lokasi semua mesin mereka, dengan akses real-time untuk dokumentasi, seperti bill of material, manual, catatan pemeliharaan dan jadwal tugas manajemen.
  • Sistem Pemantauan: Perangkat lunak berbasis cloud memungkinkan OEM untuk mengumpulkan dan memvisualisasikan data dari alat berat secara real-time, memberikan analisis menyeluruh dari efektivitas performa mesin dan tren lainnya, serta dashboards untuk memantau ketersediaan mesin dan kualitas outputnya.
  • Perbaikan: Layanan yang diaktifkan oleh aplikasi seluler untuk memfasilitasi pemeliharaan dan operasi dengan informasi kontekstual, membantu prosedur langkah demi langkah dan keahlian jarak jauh dengan memanfaatkan augmented reality. Selain itu, fungsi Perbaikan ini menyediakan akses jarak jauh ke perangkat lunak di cloud yang memungkinkan teknisi untuk menggunakan “Software-as-a-Service” untuk selalu memiliki versi yang tepat dengan cepat.

Sementara fungsi ini memungkinkan OEM untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan berinovasi dengan penawaran layanan baru, EcoStruxure Machine Advisor juga memberikan manfaat langsung kepada operator dengan memanfaatkan aplikasi EcoStruxure Augmented Operator Advisor. Aplikasi ini dapat memberikan informasi real-time, kapan pun dan di mana pun jika diperlukan cukup hanya seujung jari mereka. Aplikasi kustom ini meningkatkan efisiensi operasional dengan augmented reality, memungkinkan operator untuk menempatkan data dan objek virtual ke kabinet, mesin, atau pabrik.

EcoStruxure™ Machine Advisor adalah bagian dari Aplikasi, Analisis & Layanan, portofolio arsitektur Schneider Electric yang diaktifkan dengan IoT. EcoStruxure™ Machine Advisor adalah platform dan arsitektur yang terbuka, interoperable, berbasis IoT. EcoStruxure memberikan nilai untuk memperbaiki kondisi usaha terkait keselamatan, keandalan, efisiensi, keberlanjutan, dan konektivitas bagi pelanggan.

BACA JUGA  CariTruk, Solusi Kebutuhan Sewa Truk Dengan Cara Mudah

EcoStruxure memanfaatkan kemajuan dalam IoT, mobilitas, penginderaan, cloud, analitik, dan cybersecurity untuk menghadirkan Inovasi di Setiap Level. Adapun EcoStruxure mencakup Produk Terhubung (Connected Products), Edge Control, dan Aplikasi, Analisis & Layanan (Apps, Analytics & Services). EcoStruxure™ telah diimplementasikan di 480.000 tempat, dengan dukungan 20.000+ integrator dan pengembang sistem, menghubungkan lebih dari 1,6 juta aset yang dikelola melalui 40+ layanan digital.

Proyek Percontohan EcoStruxure Machine Advisor

EcoStruxure Machine Advisor telah berhasil diujicobakan dengan banyak OEM di Eropa dan Asia. Leadermac, produsen moulders empat sisi di Taiwan, ingin menerapkan solusi digital untuk meningkatkan penawaran layanannya dan memberikan manfaat kepada kliennya. Leadermac sekarang dapat melakukan diagnosis dini dan pemeliharaan preventif dari mesin-mesinnya, dan menjual mesin yang lebih terhubung, lebih fleksibel, lebih efisien dan lebih aman.

“EcoStruxure Machine Advisor adalah masa depan,” kata Presiden Leadermac Michael Chang. “Ini membantu OEM seperti kami menyediakan layanan yang lebih baik, seperti perawatan pencegahan jarak jauh, pemantauan alarm, penggunaan alat berat dan aplikasi IoT.”

(LH)

Baca Juga

BACA JUGA  Weichai dan Bosch Menandatangani Kerjasama Pengembangan Engine Hidrogen