Featured Products

SDLG G9290, Pilihan Baru Motor Grader Untuk Pertambangan

Operasional pertambangan membutuhkan alat-alat berat yang handal menghadapi medan yang berat. Umumnya alat-alat berat di pertambangan berukuran besar dan kuat, namun itu saja belum cukup, masih banyak faktor-faktor lain yang cukup menentukan. Inilah yang menjadi fokus dari pabrikan alat berat asal Tiongkok, SDLG, saat mempersiapkan motor grader andalannya untuk operasional pertambangan: G9290. Andil Volvo sebagai induk dari SDLG sangat besar, Volvo yang memiliki pengalaman panjang dalam memproduksi alat-alat berat pertambangan sangat memahami titik-titik kritis dari sebuah motor grader.

Berbekal pengalaman dalam mengembangkan motor grader yang berukuran lebih kecil, seperti G9138, G9190 (VHP) dan G9220 (VHP), SDLG mendesain G9290 sebagai motor grader yang kokoh dan memiliki kapasitas produksi yang sesuai dengan kebutuhan industri pertambangan.

Unit yang diluncurkan pada awal 2020 ini memiliki bobot 22,9 ton dan dilengkapi blade dengan lebar 4,2 meter, sehingga cukup ideal digunakan untuk pembukaan jalan akses utama sebuah tambang maupun pemeliharaannya. Dengan blade yang cukup lebar hanya dibutuhkan 2 atau maksimum 3 lintasan (phase) untuk meratakan sebuah badan jalan hauling.

Menggunakan engine diesel berteknologi Variable Horse Power (VHP) yang diproduksi oleh Volvo, SD130B Stage II, 6 silinder common rail yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 282 Hp pada putaran 2100 rpm. Tenaga dari engine ini kemudian disalurkan ke transmisi otomatis yang didesain Volvo, HTE840S, yang memiliki 8 percepatan maju dan 4 percepatan mundur.

Untuk sistem pendinginan engine menggunakan kipas pendingin yang digerakkan secara hidraulik melalui sebuah fan motor. Untuk memudahkan pembersihan bilah-bilah kipas, putaran kipas engine bisa dibalik dengan mudah hanya dengan menekan sebuah saklar pada kabin.

Pekerjaan grading jalan pada area pertambangan membutuhkan motor grader berkemampuan tinggi, Untuk menyesuaikan unit pada kontur jalan SDLG mendesain moldboard yang dapat berosilasi 16°, roda depan kiri dan kanan dapat mentolerir perbedaan ketinggian (leaning) sampai dengan 18°, sementara bagian tandem bisa berosilasi sebesar +/-15°.

BACA JUGA  Wacker Neuson WL95, si Lincah Nan Efisien Untuk Pekerjaan Konstruksi

Tandem yang digerakkan oleh rantai kemampuan tinggi dilengkapi pengunci diferensial untuk axle belakang, memberikan traksi dan keandalan.

Bagian circle dilengkapi dua gear yang digerakkan hydraulic cylinder yang memberikan torsi besar yang membuat moldboard dapat berputar pada beban berat tanpa harus berhenti dulu untuk mengubah sudut osilasi moldboard. Desain gear di luar circle memberikan keuntungan berkurangnya lumpur dan kotoran yang menempel pada circle, sehingga mengurangi keausan gear, berkurangnya biaya perawatan dan meningkatnya keawetan gear dan circle.

Sistem penggerak circle dilengkapi dengan lima sepatu pendukung pada G9290 dan busing geser yang tidak berminyak untuk perataan yang lebih baik, masa pakai lebih lama dan perawatan lebih mudah. Grader SDLG juga dilengkapi dengan stud ball drawbar asimetris yang dapat diputar 180 ° untuk menjaga drawbar pada posisi level horizontal.

Desain rangka belakang yang berbentuk persegi mampu meningkatkan kekokohan dan daya tahan unit ini secara keseluruhan, walaupun juga menopang drivetrain dan attachment belakang yang berat misalnya ripper yang dilengkapi tiga ripper shanks, bahkan jika ditambahkan scarifier.

Kabin G9290 berstandar ROPS/FOPS mampu memberikan perlindungan maksimal kepada operator. Kabin ini dpasang pada frame depan unit dengan maksud mengurangi getaran dan panas dari engine dan transmisi. Kabin ini dilengkapi lampu kerja LED yang cukup terang untuk mendukung operasional unit bahkan pada lokasi yang sangat gelap.

Dengan pintu berukuran besar yang dapat dibuka ke samping dan ke belakang, G9290 menyediakan akses yang sangat baik ke semua lokasi maintenance. Untuk memberikan kenyamanan saat melakukan maintenance, semua filter dikelompokkan bersama di sisi kiri engine.

(BP)

Tinggalkan Balasan