News

Tips Membeli Alat Berat di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 memberikan dampak luar biasa bagi perekonomian Indonesia. Namun memasuki tahun 2021 ekonomi mulai menggeliat, hal ini ditunjukkan dengan mulai membaiknya berbagai harga komoditi strategis seperti batu bara, kelapa sawit dan coklat. Bagi para pebisnis inilah waktunya untuk meningkatkan kembali produksinya dengan mengoptimalkan alat produksi yang dimilikinya atau berinvestasi agar kapasitas bisnisnya bisa meningkat. Salah satu alat produksi yang banyak digunakan pada berbagai bisnis adalah alat berat. Sebelum Anda membeli alat berat, perhatikan tips-tips berikut ini agar alat berat yang dibeli nantinya bisa memberikan manfaat yang maksimal.

Tentukan Spesifikasi Alat Berat yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Sebelum membeli alat berat, calon pemilik alat berat harus memastikan jenis dan fungsi alat berat yang akan digunakan. Hal ini harus menjadi fokus perhatian untuk menghindarkan pembelian alat berat yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Misalnya alat beratnya terlalu besar sehingga ada pemborosan biaya, atau terlalu kecil sehingga alat berat tersebut tidak bisa bekerja secara optimal. Pelajari spesifikasi dari setiap jenis dan kelas alat berat yang akan dibeli. Konsultasikan dengan orang-orang yang dianggap memahami spesifikasi teknis alat berat, atau bisa juga dengan technical support dari perusahaan alat berat yang menawarkan produknya.

Pilih Alat Berat yang Memiliki Komponen-Komponen yang Handal

Sebuah unit alat berat tersusun dari ribuan jenis komponen dan spare part, yang akan saling bekerjasama untuk menghasilkan kinerja yang diharapkan oleh penggunanya. Kegagalan dari sebuah komponen seperti mesin, transmisi atau motor akan berakibat alat berat tersebut tidak bisa beroperasi atau bekerja dengan tidak maksimal. Kerugian secara waktu dan biaya akan dialami pemilik alat untuk memperbaiki alat beratnya yang biayanya tidak murah.

BACA JUGA  Siapkan Investasi Rp. 400 M, IPPS Siap Berekspansi

Biaya Operasional yang Rendah

Saat alat berat telah dibeli, komponen biaya yang harus ditanggung pemilik alat berat adalah biaya operasional dan biaya perawatan. Biaya operasional merupakan biaya yang timbul dalam setiap jam pengoperasian alat berat, seperti bahan bakar, preventive maintenance, ban, undercarriage dan spare part yang harus sering diganti karena mengalami keausan.

Calon pemilik alat berat bisa meminta perhitungan biaya pemilikan dan pengoperasian (Owning & Operating Cost) kepada perusahaan penjual alat berat untuk mendapatkan estimasi rinci biaya-biaya yang akan timbul selama umur alat berat itu. Salah satu komponen penting biaya operasional alat berat adalah tingkat konsumsi bahan bakar. Pilihlah alat berat yang konsumsi bahan bakarnya rendah karena akan berdampak besar pada total biaya yang dikeluarkan pemilik.

Layanan Purna Jual yang Baik

Salah satu kunci keberhasilan layanan purna jual alat berat adalah ketersediaan spare part dan kepastian waktu tersedianya. Ketidak tersediaan spare part dan waktu yang dibutuhkan penyedia alat berat untuk menyuplai spare part yang dibutuhkan secara cepat akan berakibat semakin lamanya unit alat berat tersebut tidak bisa beroperasi, yang tentunya akan berdampak pada meningkatnya kerugian yang harus ditanggung pemilik alat berat. Tidak hanya itu, pelayanan yang ramah dan profesional yang secara cepat merespon keluhan yang disampaikan adalah hal penting yang harus diperhatikan calon pemilik alat berat sebelum menentukan alat berat yang akan dibeli, dan tidak ketinggalan skil dari mekanik-mekanik yang mengerjakan pekerjaan perbaikan tersebut.

Pilihlah Alat Berat yang Harganya Kompetitif dan Memiliki Dukungan Finansial Untuk Pembeliannya

Harga merupakan salah satu faktor penting dalam pembelian alat berat. Di pasaran tersedia berbagai jenis dan merek alat berat dengan harga yang bervariasi. Pada umumnya calon pembeli akan tergiur dengan harga yang murah, namun hal yang perlu diperhatikan tidak hanya harga beli namun juga biaya yang dibutuhkan untuk merawat alat berat tersebut nantinya. Alat berat yang harganya lebih mahal juga belum tentu kualitasnya lebih baik, disamping harga spare partnya juga lebih mahal. Tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah dukungan finansial.

BACA JUGA  Hino Peduli Akan Keselamatan Dalam Berkendara

Pada umumnya pembelian alat berat dilakukan dengan menggandeng perusahaan pembiayaan (leasing). Pilihlah alat berat yang sudah memiliki kerjasama dengan perusahaan leasing yang terpercaya. Beberapa merek alat berat bahkan memiliki dukungan pembiayaan dari pabriknya langsung di luar negeri atau dari perusahaan leasing dari luar negeri yang seringkali memberikan fasilitas pembiayaan yang sangat menarik, seperti suku bunga yang rendah maupun grace period pembayaran. Beberapa merek alat berat memberikan kelonggaran seperti 3 bulan pertama tidak perlu membayar cicilan alat beratnya, sehingga pemilik alat berat bisa menggunakan alat beratnya untuk menghasilkan uang dulu yang bisa digunakan untuk membayar cicilannya.

Adanya Benefit yang diberikan Penjual Alat Berat

Setiap pemilik alat berat tentunya menginginkan alat berat yang dibelinya akan memberikan hasil maksimal dengan biaya serendah mungkin. Tanyakan dengan perusahaan penjual alat berat benefit apa yang akan diberikan pada pembelian alat beratnya. Benefit pembelian alat berat bisa berupa free service dalam periode waktu tertentu misalnya 6 bulan atau 1000 jam pemakaian pertama. Free service ini bisa berupa free filter dan oli dan jasa penggantiannya untuk setiap periode service, atau free training pengoperasian dan perawatan alat berat.

Sebagai salah satu perusahaan alat berat terbesar di dunia, Zoomlion Heavy Industry berkomitmen memberikan solusi bagi berbagai industri dengan produk-produk alat beratnya. Salah satu produk andalannya Zoomlion excavator ZE215E yang merupakan excavator kelas 20 ton yang dilengkapi berbagai fitur canggih, konsumsi bahan bakar yang irit, komponen-komponen seperti engine, pompa, motor dan berbagai perangkat elektrik terkemuka di dunia. Dengan berbagai kelebihan ini, Zoomlion ZE215E ditawarkan dengan harga jual unit dan spare part yang sangat kompetitif. Untuk informasi selanjutnya hubungi PT. Zoomlion Indonesia Heavy Industry (0812 8281 3435). Untuk mendapatkan informasi berbagai produk Zoomlion, jelajahi http://en.zoomlion.com/

BACA JUGA  Kobexindo Berhasil Membukukan Lonjakan Laba Bersih Sebesar 63,47%

(HP)

Tinggalkan Balasan