News

Tonggak Baru Pencapaian Cat Autonomous Dump Truck

Baru-baru ini Caterpillar mengumumkan torehan besarnya dalam teknologi autonomous dengan mencatatkan jumlah 2 milyar ton material yang telah dipindahkan oleh dump truck-dump truck autonomousnya yang disematkan teknologi Cat® MineStar™ Command. Prestasi ini dicapai dalam waktu hanya dalam waktu 16 bulan setelah sukses mencapai pengangkutan 1 milyar ton material pada November 2018 silam.

Caterpillar mulai mengembangkan teknologi autonomous untuk alat-alat berat yang diproduksinya, mayoritas adalah dump truck, sejak 2013. Sejak itu perbaikan-perbaikan terus dilakukan berdasarkan pengalaman-pengalaman lapangan yang didapat sejalan dengan masukan-masukan dari para customer.

Sean McGinnis, Product Manager Caterpillar untuk MineStar Solutions menjelaskan, “Caterpillar berhasil memindahkan 2 milyar ton material hanya dalam waktu 6 tahun lebih setelah pertama kali teknologi ini diluncurkan, lebih cepat dari yang dilakukan oleh kompetitor-kompetitor kami. Hal ini menjadikan teknologi Command untuk pengangkutan material pertambangan komersial yang paling produktif dari semua teknologi sejenis yang ada di pasaran. Kami ingin para customer kami mengalami peningkatan produktivitas sekaligus keselamatan kerja sesegera mungkin melalui penggunaan teknologi ini. Karena itulah teknologi Command ini telah mendapatkan perhatian serius dari customer kami.”

Sejauh ini, sudah ada 282 alat berat Caterpillar yang menggunakan teknologi autonomous ini bekerja di berbagai pertambangan besar di berbagai negara di seluruh dunia. Tidak hanya dump truck, melainkan juga bulldozer, rock drill dan juga wheel loader untuk pertambangan bawah tanah. Hal ini menjadikan Caterpillar menjadi merek alat berat yang paling banyak digunakan alat-alat berat autonomousnya di seluruh dunia.

McGinnis menambahkan, “Salah satu alasan mengapa Caterpillar dapat mencapai kesuksesan besar dalam mengaplikasikan teknologi Command pada berbagai medan pertambangan di seluruh dunia karena Caterpillar selalu mendengarkan suara customer-customer kami dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diharapkan mereka. Kami mengidentifikasi fitur-fitur yang paling dibutuhkan mereka, fungsionalitasnya, sampai dengan menentukan model-model dump truck autonomous yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.”

BACA JUGA  Hino Resmikan Diler di Pangkalan Bun dengan Fasilitas Sales, Service, dan Spare Part (3S)

Salah satu customer besar Caterpillar yang baru-baru ini tertarik berinvestasi membeli dump truck autonomous Caterpillar adalah Newmont yang akan menggunakan armada dump truck autonomous Caterpillar di tambang emas Boddington, Australia. Ini akan menjadikan Boddington tambang emas open-pit pertama di dunia yang menggunakan armada dump truck autonomous.

Rencana investasi ini akan meliputi pembelian sejumlah unit baru Cat 793F yang sudah dipasang sistem Cat MineStar, serta unit-unit retrofit 793F yang akan ditambahkan sistem auotonomous ini. Rencananya, pengiriman pertama dump truck autonomous Cat 793F baru ke tambang emas Boddington akan dilakukan pada kuartal pertama tahun depan.

“Caterpillar akan terus bergerak cepat mengembangkan teknologi autonomous ini. Kami memiliki proyek-proyek autonomous dengan sejumlah perusahaan tambang besar dengan pilihan mengembangkan unit-unit eksis yang mereka miliki saat ini atau melalui skema pembelian baru”, tutup McGinnis.

(BP)

Tinggalkan Balasan