News

Trakindo Volunteer Mengajar: Bangun Karakter Penerus Negeri, Menjaga Kejujuran Sejak Dini

PT Trakindo Utama (Trakindo) penyedia solusi alat berat Caterpillar, hari ini kembali menyelenggarakan Trakindo Volunteer Mengajar (TVM) sebagai komitmen berkelanjutan Perusahaan dalam mendukung perkembangan pendidikan berbasis karakter di Indonesia.

Candy Sihombing, Corporate Communication & CSR Manager Trakindo mengatakan, “Karakter kejujuran tertuang dalam core values perusahaan yaitu Integrity. Trakindo senantiasa menerapkan standar etika dan moral tertinggi dengan selalu mengedepankan azas kejujuran dalam setiap kegiatan.

Tema kejujuran dipilih untuk kegiatan TVM kali ini karena kami percaya nilai kejujuran menggambarkan kepribadian seseorang yang memiliki karakter unggul. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat berkontribusi pada penguatan pendidikan karakter siswa yang akan membentuk mental tangguh, gigih, dan jujur, sekaligus menumbuhkan integritas tinggi dalam menghadapi berbagai tantangan pada diri anak-anak Indonesia.”

Senada, Anggunan Tunggal, Kepala Sekolah SDN 001 Samburakat mengatakan karakter kejujuran merupakan salah satu tata nilai yang diutamakan dalam paradigma Pendidikan Membentuk Karakter, yang tercantum pada Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015-2019. Siswa diarahkan agar dapat konsisten serta teguh dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, mengedepankan kebenaran dalam tindakan, memiliki integritas, serta mampu mengemban kepercayaan.

“Nilai kejujuran menggambarkan kepribadian seseorang yang memiliki karakter unggul. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan juga antusiasme relawan yang memberikan siswa pengalaman serta pengetahuan yang inspiratif terkait pentingnya menjaga kejujuran,” kata Anggunan.

TVM merupakan salah satu kegiatan tanggung jawab sosial di bidang pendidikan yang rutin dilaksanakan di 40 SDN binaan Trakindo di seluruh Indonesia sejak 2013. Inisiatif ini bertujuan untuk memajukan pendidikan berbasis karakter dengan melestarikan, memperkokoh dan menerapkan nilai-nilai kebudayaan Indonesia, serta menumbuhkan kerelawanan sosial para karyawan.

Dalam mendukung perkembangan pendidikan, Trakindo menerapkan konsep ‘memberikan kail’, seperti yang juga dilakukan hari ini selain TVM, yaitu memberikan pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan di SDN 001 Samburakat. Candy menjelaskan, “Pelatihan yang kami lakukan bertujuan membantu peningkatan kapasitas guru dan tenaga kependidikan untuk kemudian diterapkan pada siswa di sekolah dengan tujuan menciptakan generasi penerus yang memiliki kompetensi unggul abad 21. Pelatihan kali ini berisi tentang pendalaman materi literatif, pembentukan kelompok gerakan literasi sekolah, serta penyusunan program gerakan literasi sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan deklarasi gerakan literasi yang melibatkan guru dan orang tua murid.”

BACA JUGA  Hino Bersama Kementerian Perhubungan Menggelar Seminar Sosialisasi Pencegahan Pelanggaran Kelebihan Muatan dan Dimensi

SDN 001 Samburakat adalah salah satu sekolah dasar binaan yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan Trakindo, yaitu menghasilkan generasi muda Indonesia yang berkarakter unggul dan berkualitas. Sekolah ini pun memiliki berbagai prestasi antara lain menjadi Juara 2 & 3 Sekolah Sehat, dan Sekolah Adiwiyata pada tahun 2016.

Upaya berkelanjutan Trakindo untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan berbasis karakter bagi 40 SDN binaan dilakukan sejak 2010 meliputi renovasi sekolah, pembinaan, dan pelatihan guru. Hingga saat ini, lebih dari 500 kelas telah direnovasi, 15.000 siswa serta 1.000 guru telah memperoleh manfaat dari program ini.

(ES)

Tinggalkan Balasan