Featured Products News Video

Video : Bell Sugar Cane Loader 125F, Solusi Alat Bongkar Muat Bagi Perkebunan Tebu dan HTI

Pemuatan tebu ke truk/lorry pengangkut tebu adalah satu tahapan proses penting dalam produksi gula. Hal ini mengingat batang-batang tebu harus diangkut secepatnya setelah dipotong ke pabrik gula untuk digiling untuk menghindarkan dari kemungkinan turunannya kadar rendeman gula yang mempengaruhi kualitas gula yang dihasilkan.

Namun, kondisi medan perkebunan tebu seringkali cukup sulit untuk diakses karena tanahnya yang lunak, terutama pada musim hujan, belum lagi karena lokasinya yang menyulitkan alat berat untuk melakukan manuver. Tidak jarang traktor penarik lorry ataupun truk pun amblas. Namun berbeda bagi alat berat satu ini: Bell cane loader 125F, karena alat berat ini didesain khusus untuk menjawab kebutuhan alat pemuat pada perkebunan tebu.

Berawal dari latar belakangnya di area perkebunan tebu di Kwazulu, Natal, Afrika Selatan, Irvin Bell, founder dari Bell Equipment, mengembangkan alat muat tebu beroda tiga (three wheelers) yang berbasis traktor pertanian. Bell menangkap peluang untuk meningkatkan efektivitas pemanenan tebu. Satu kunci yang menjadi fokusnya adalah kelincahan. Ia melihat traktor pertanian yang digunakan dalam pemanenan tebu saat itu jauh dari kata lincah.

Berbekal pengalamannya dalam memperbaiki dan memodifikasi berbagai peralatan pertanian, Irvin Bell mulai memodifikasi sebuah traktor pertanian dengan menambahkan teknologi hidrostatis untuk lengan pengangkatnya. Sebagai penggeraknya ia mengambil sebuah motor hidraulik dari motor grader tua. Akhirnya pada tahun 1964 lahirlah prototipe alat muat tebu beroda tiga yang segera menarik perhatian para petani di lingkungan tempat tinggalnya. Bell mendapatkan paten untuk penemuannya ini.

Secara konstruksi, Bell sugar cane loader memiliki 3 roda dengan dua roda berukuran lebih besar di bagian depan dan sebuah roda berukuran lebih kecil di bagian belakang. Untuk memuat batang-batang tebu, unit cane loader ini menggunakan sebuah lengan (boom) yang dilengkapi dengan attachment grapple. Dengan desainnya yang unik ini, Bell cane loader dapat bermanuver dengan lincah. Untuk berbelok menggunakan roda belakang yang bisa berbelok 90. Dengan karakteristiknya yang lincah ini, Bell cane loader cocok digunakan untuk mengumpulkan batang-batang tebu yang terpencar sebelum dimuat pada truk atau lorry.

BACA JUGA  Hydraulic Breaker TRB Berkualitas dengan Harga Kompetitif Untuk Segala Jenis Excavator

Tidak hanya berfungsi sebagai alat muat tebu, Bell 125F juga dapat digunakan sebagai alat muat batang-batang kayu (tele-logger) pada Hutan Tanaman Industri (HTI). Sekitar tahun 2000-an unit ini banyak digunakan di area HTI sebuah pabrik kertas di area Kalimantan Timur. Beberapa unit masih beroperasi hingga saat ini.

Saksikan pada video ini bagaimana handalnya Bell tele-logger menurunkan batang-batang kayu dari truk pengangkut untuk kemudian disusun dalam bentuk tumpukan.

(HP)

Tinggalkan Balasan