Technology

VIST Group Berhasil Menguji Coba Truk Otonom Belaz 7513R 24 Jam Non Stop Dalam Suhu Ekstrem

VIST Group (anak perusahaan ZYFRA Group) telah berhasil menguji coba truk otonom barunya dalam operasi di bawah suhu ekstrem dari -50° C hingga +50° C. Truk otonom, berbasis BelAZ-7513R, mampu beroperasi secara normal dalam suhu ekstrem.

Selama test drive, dump truk ini dioperasikan selama 24 jam dan menyelesaikan 468 siklus kerja, yang meliputi jarak 153 km tanpa campur tangan manusia. Tujuan utama dari Test drive adalah untuk menguji apakah sistem otonom dapat mengatasi masalah yang disebabkan oleh salju yang dapat mengganggu sistem radar dan LiDAR-nya. Test drive menunjukkan bahwa semua sistem dapat beroperasi tanpa masalah.

VIST mengatakan, dump truck BelAZ-7513R yang digunakan pada test drive ini telah ditingkatkan kemampuannya dibandingkan versi pendahulunya berkat digunakannya sistem kontrol cerdas generasi baru, yaitu:

  • Sistem kemudi elektro-hidraulik dan rem dengan sistem kontrol elektronik – pengembangan fundamental baru yang memberikan fleksibilitas dan kekompakan yang lebih besar dalam desain kemudi melalui penggunaan pengontrol logika yang dapat diprogram untuk memastikan kontrol yang optimal kinerja dan interaksi antara roda kemudi dan silinder hidrolik terkemuka, pedal rem dan mekanisme rem;
  • Pemindaian lebih rinci kondisi permukaan jalan, termasuk di bawah suhu ekstrim;
  • Mode Shuttle yang mampu mengurangi keausan ban dan waktu tempuh hingga 12% dengan mengurangi belokan-belokan tajam.

Robot truk seperti ini yang dilengkapi dengan sistem otonomi besutan VIST Group sudah beroperasi di di berbagai belahan dunia. Di waktu yang akan datang, ada rencana juga untuk memaksimalkan otomatisasi untuk meningkatkan kapasitas pemuatan dump truck, yang dalam hal ini menggunakan alat muat wheel loader. Direncanakan wheel loader yang digunakan mampu membuat permodelan 3 dimensi dari bobot material yang akan dimuat, menentukan urutan tindakan yang berkorelasi dengan posisi dump truck.

BACA JUGA  Hino Luncurkan Varian Truk Tambang Automatic Transmission

Fungsi pkontrol jarak jauh juga akan dikurangi, sehingga memungkinkan satu orang operator untuk mengendalikan 3-5 dump truck. Teknologi ini akan meningkatkan efisiensi operasi sebuah pertambangan secara keseluruhan dan memberikan akses kepada perusahaan pertambangan sepenuhnya berfokus pada efisiensi operasional pertambangan.

Mining dump truck BelAZ-7513R memiliki kapasitas angkut 110-136 ton, dirancang untuk pengangkutan material di kondisi pertambangan yang ekstrim pada pit yang cukup dalam maupun pada pertambangan terbuka pada berbagai kondisi cuaca.

BelAZ-78250 adalah wheel loader terbesar, dengan bucket 11,5 m3 dan kapasitas muat 20-22 ton. Menggunakan engine diesel Cummins QST 30-C (1.050 HP) dengan kontrol elektronik dan sistem diagnostik. Karena ukurannya yang besar, ketinggian muat dan kapasitas bucket-nya, unit ini dapat melayani dump truck dengan kapasitas muatan 90 dan 130 ton.

(HP)

Baca Juga

BACA JUGA  Teknologi Tanpa Galian, Solusi Efektif Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Tinggalkan Balasan