News

XZ13600 Buatan XCMG Berhasil Gelar Debutnya di Proyek Jalur Pipa Gas Alam “Rute Timur” Tiongkok-Rusia

XZ13600, produk horizontal directional drill terbesar di dunia buatan XCMG, berhasil menggelar debutnya saat membantu pekerjaan konstruksi nonekskavasi di jalur pipa gas alam rute timur Tiongkok-Rusia, proyek penting dalam Inisiatif “Belt and Road” yang mulai beroperasi pada Desember 2019.

Jalur pipa gas alam rute timur Tiongkok-Rusia menjadi tonggak bersejarah baru dalam kerja sama energi antara kedua negara. Ini proyek pertama yang memakai jalur pipa berkaliber besar 1422 mm, serta menjadi jalur pipa gas alam jarak jauh yang terbesar di dunia saat selesai dibangun. Jalur pipa tersebut akan memasok gas alam ke kawasan timur laut Tiongkok, Bohai Rim, dan wilayah Delta Sungai Yangtze. Lebih lagi, proyek ini menjadi jalur pipa pertama dalam sejarah Tiongkok yang sepenuhnya melokalisasi peralatan penting dan sistem kendali utama.

“XZ13600 telah berperan penting dalam tahap konstruksi jalur pipa, dan menjadi alat bor horizontal bertonase yang terbesar di dunia, serta memiliki daya dorong-tarik yang sangat tinggi sebesar 13.600 kN dari berbagai mesin. XZ13600 menjamin efisiensi tinggi dari daya keluaran pada seluruh tahap proyek,” ujar Kong Qinghua, General Manager, XCMG Foundation Construction Machinery Business Division.

XZ13600 membantu proyek crossing 750 meter di Sungai Shuanglong, Caofeidian, di Provinsi Hebei, yakni terletak di pinggir pantai dengan air tanah dengan kandungan mineral yang tinggi dan permukaan yang tidak rata. Zona pertanian dan lapangan garam harus dilindungi agar tak merusak lingkungan. Sementara, rim berdiameter lebar, dan crossing jarak jauh, serta wilayah pesisir yang rumit turut membebani peralatan tersebut. Namun, XZ13600 berhasil menuntaskan crossing dalam dua minggu, serta beralih untuk menggarap proyek konstruksi jalur pipa gas 1650 meter.

BACA JUGA  Mini Excavator SDLG E660FL Membuktikan Kekuatan dan Kehandalannya Dalam Pembangunan Perumahan di Indonesia

“Peralatan canggih berskala besar dari XCMG, termasuk XZ3600, XZ5000 dan XZ6600 dipakai dalam tahap konstruksi jalur pipa gas rute timur Tiongkok-Rusia, jalur pipa minyak bumi mentah Rizhao-Puyang-Luoyang, serta jaringan pipa gas alam QingdaoNanjing. Sedangkan, horizontal directional drill kami yang bertonase menengah dan besar menjadi solusi yang mampu menjamin alokasi strategis untuk sumber daya minyak bumi serta gas alam,” jelas Kong.

(TW)

Tinggalkan Balasan