Safety Technology

Caterpillar Memperluas Penggunaan Remote Control Pada Alat Berat yang Diproduksinya

Risiko yang dihadapi seorang operator alat berat dalam situasi tertentu seringkali dapat membatasi jenis pekerjaan yang dapat mereka lakukan. Bahan berbahaya, permukaan tanah yang tidak stabil, bencana alam dan kondisi lokasi lainnya dapat membatasi pengoperasian alat berat.

Untuk mengatasi kendala-kendala ini, Caterpillar telah merancang Cat Command, sebuah sistem pengoperasian alat berat dari jarak jauh untuk berbagai alat beratnya. Baru-baru ini, Cat telah menambahkan beberapa model alat beratnya yang lebih populer ke dalam penggunaan Cat Command, yang terbaru adalah hydraulic excavator Cat 374 dan 375 serta dozer kelas medium Cat D5, D6, dan D7.

“Kita bisa mengganti alat berat dengan mudah, tetapi kita tidak dapat mengganti nyawa seseorang,” kata Mike Lenzie, konsultan pemasaran produk Cat. Alat berat yang beroperasi di permukaan yang tidak stabil seperti tanggul atau bebatuan dapat membahayakan operatornya.

Lenzie menambahkan bahwa excavator pada pekerjaan-pekerjaan konstruksi sering digunakan dalam pekerjaan pembongkaran, di mana puing-puing yang jatuh dapat menimbulkan bahaya bagi operator. Teknologi Cat Command ini telah digunakan oleh operator-operator alat berat yang bekerja di kolam lumpur abu batubara dan bahan berbahaya lainnya, di mana operator dapat terpapar polutan berbahaya atau alat berat bisa terjebak dalam kondisi permukaan tanah yang lunak.

Cat Command dapat dioperasikan dengan box panel remote control. Lenzie mengungkapkan, Cat Command ini adalah solusi jangka pendek bagi operator untuk digunakan hanya jika diperlukan. “Katakan mereka mendapat pekerjaan di lereng, disini ada potensi bahaya yang timbul. Menghadapi situasi ini, operator dapat keluar dari unit, beralih ke mode remote control, mengoperasikan unit, lalu beralih kembali ke mode manual dan kembali beroperasi di dalam kabin.”

BACA JUGA  Foto : Babak Final Cat Global Operator Challenge Tingkat Nasional

Disamping dioperasikan di lapangan, Cat Command juga bisa dioerasikan dari sebuah stasiun kontrol, sehingga operator bisa bekerja dengan nyaman seperti bekerja di unit. stasiun ini memiliki beberapa layar untuk meniru pemandangan dari kabin, dengan opsi untuk tampilan layar tambahan dari titik pandang lain di lokasi.

Bekerja melalui koneksi internet berlatensi rendah, stasiun kontrol dapat menjalankan alat-alat berat dari mana saja di belahan dunia. Lenzie juga mencatat, dengan teknologi ini dapat membantu meningkatkan produktivitas tanpa mempertaruhkan keselamatan operator.

(TGS)

Tinggalkan Balasan