News

Menyasar Sektor Pertambangan, Indotruck Utama Meluncurkan Excavator SDLG Kelas 20 dan 50 Ton

Indonesia adalah market yang sangat penting bagi hampir semua merek alat berat, karena Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat besar seperti batubara, mineral (nikel, bauksit, emas) hingga perkebunan yang cukup luas seperti kelapa sawit.

Selain itu, Indonesia juga menjadi eksportir terbesar batubara dan untuk nikel, Indonesia memiliki nikel yang cukup besar, 30% nikel di dunia diproduksi di Indonesia. Sehingga tidak heran, Indonesia menjadi magnet yang kuat bagi produsen alat berat untuk masuk ke Indonesia. Tiga segmen pasar yang menjadi lokomotif pembangunan di Indonesia adalah plantation, construction dan pertambangan. Tiga segmen ini menyumbang kurang lebih 35% dari national Gross Domestic Bruto (GDB).

Hal ini disampaikan oleh Bambang Prijono, Presiden Direktur PT. Indotruck Utama (ITU) yang mengageni penjualan alat berat Volvo dan SDLG, dalam peluncuran line excavator terbaru SDLG, E6210F dan E6550F, di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis, 7 Juli 2022.

“Berawal dari Volvo truck pada tahun 1988, PT. ITU terus mengalami perkembangan sehingga diberikan kepercayaan yang lebih besar oleh Volvo Group. Sejak 2011, ITU ditunjuk oleh Volvo Group untuk menjadi dealer Volvo Construction Equipment (CE) dan SDLG untuk wilayah Sumatera, Jawa, Sulawesi dan wilayah Indonesia bagian timur. Puncaknya, pada 16 Maret 2020 ITU dipercaya untuk menangani semua produk-produk Volvo Group, yaitu merek Volvo untuk truk, bus dan alat berat, serta merek SDLG, yang merupakan merek alat berat yang diproduksi di Tiongkok.

SDLG memiliki DNA Volvo memiliki sistem pengendali mutu yang diturunkan oleh Volvo. Hal ini mengantarkan SDLG untuk meraih penghargaan bintang tujuh dari European Foundation for Quality Management (EFQM) pada 2019. Selain itu, SDLG juga berhasil meraih berbagai penghargaan lainnya, di antaranya adalah Deming Prize, Malcolm Baldrige Quality Award, dan European Quality Award. Ketiga penghargaan tersebut merupakan penghargaan terbaik dunia di bidang pengendalian mutu.

BACA JUGA  Mercedes-Benz Indonesia & Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia Berikan Bantuan APD kepada RSUD Cibinong

Bambang menambahkan, SDLG terus berkomitmen untuk mengembangkan produk-produknya agar dapat memenuhi permintaan konsumen. Layanan SDLG disesuaikan dengan nilai-nilai yaitu mendahulukan efisiensi dan mengedepankan teknologi, sebab itu merupakan layanan yang beriorientasi pada pasar dan permintaan konsumen.

Bambang menjelaskan, dalam acara peluncuran kali ini pihaknya memperkenalkan 2 excavator untuk sektor pertambangan dan konstruksi di Indonesia. Pertama, yakni E6210F, merupakan excavator multi fungsi kelas 20 ton yang sangat cocok untuk digunakan pada pekerjaan-pekerjaan pemindahan tanah, penggalian tanah, dan konstruksi.

“E6210F memiliki struktur ketahanan yang tinggi, efisiensi bahan bakar, kabin yang nyaman, dan toleransi yang lebih baik terhadap kualitas bahan bakar,” ujar Bambang.

Sementara E6550F, merupakan excavator dengan bobot 50 ton yang dirancang khusus untuk pertambangan.

“Unit ini mengunakan engine Volvo TAD1352VE yang menghasilkan horsepower dan torsi terbesar di antara engine-engine kelas 50-60 ton. Unit E6550F juga menggunakan rock bucket paling besar dengan kapasitas 3.6 m3, sistem hidraulik pintar, struktur ketahanan tinggi, serta kabin yang nyaman,” imbuhnya.

“Kami menyadari ini adalah sebuah kepercayaan yang sangat besar diberikan oleh Volvo Group kepada PT ITU, tetapi ini sekaligus menjadi tugas dan tanggung jawab yang berat yang kami harus laksanakan. Sejalan dengan tagline PT ITU yakni menerapkan sebuah visi untuk menjadi mitra yang handal dengan menyediakan alat berat yang berkualitas. Tetapi juga dibarengi dengan pelayanan after sales service yang sangat baik.”

“Oleh karena itu, kami sangat selektif di dalam memilih produk, dan saya kira tidak perlu ragu lagi bahwa produk-produk di bawah naungan Volvo Group merupakan produk yang berkualitas tinggi, premium, dan kami sebagai Diler mempunyai tugas untuk menyediakan layanan purna jual yang terbaik. Hal ini kami lakukan supaya alat berat yang dipakai sebagai alat untuk berproduksi ini dapat menghasilkan performance yang terbaik, produktivitas yang terbaik, hingga pada akhirnya kami bisa menjadi mitra yang handal untuk pelanggan kami, untuk mereka bisa mencapai efisiensi dan produktivitas yang terbaik,” tutupnya.

BACA JUGA  Gelar Trakindo Goes to Campus di Polibatam, Trakindo Bantu Siapkan Mahasiswa Berkarier di Sektor Industri

(ES)

Tinggalkan Balasan