News Technology

Mercedes-Benz Axor Rakitan Wanaherang Siap Memenuhi Emisi Standar Euro 4

Pada tanggal 7 Desember 2021, PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCMVI) secara resmi melakukan upacara serah terima secara simbolis kepada PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) atas perakitan pertama Mercedes-Benz Axor yang memenuhi standar Euro 4 di pabrik Wanaherang, Bogor. Hal ini merupakan bentuk komitmen dari kedua perusahaan untuk mendukung rencana pemerintah dalam penerapan standar emisi Euro 4 pada mesin kendaraan diesel mulai bulan April 2022

Upacara serah terima ini dihadiri oleh serangkaian manajemen dari PT DCVMI serta perwakilan dari PT DCVI. Adapun unit Mercedes-Benz Axor ini telah dilengkapi dengan sistem pembakaran selective catalytic reduction (SCR) dan Adblue yang sudah lama digunakan oleh Daimler Trucks sejak standar Euro 4 pertama kali diperkenalkan.

Jung Woo Park, President Director PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia, menyampaikan bahwa penyerahan unit Mercedes-Benz Axor Euro 4 ini menjadi langkah pertama perusahaan dalam menyambut standar emisi Euro 4 yang akan dimulai pada bulan April 2022 mendatang.

“Sebagai bentuk dukungan PT DCVI kepada pemerintah, kami berkomitmen melakukan proses transisi lewat penyempurnaan pada produk-produk unggulan kami. Kami juga sangat senang bisa membuka babak baru bagi Indonesia yang lebih ramah lingkungan dengan menghadirkan teknologi selective catalytic reduction (SCR) dan Adblue. Mercedes-Benz Euro 4 Axor memiliki kombinasi teknologi yang unik untuk Indonesia. Kami menggunakan mesin yang terbukti untuk memastikan kinerja yang kuat dengan bahan bakar Indonesia sementara SCR akan menurunkan emisi setelah diproses di ruang bakar mesin. Artinya kita bisa mengandalkan kondisi dan performa terbaik mesin selama beroperasi. Selain itu, kami meningkatkan interval perawatan menjadi 50.000 km untuk truk Euro 4 dengan sistem tambahan pada mesin yang menjaga oli mesin tetap bersih sepanjang waktu. Ini merupakan kombinasi terbaik yang kami temukan untuk Indonesia. Unit pump injection engine yang terbukti dan andal, waktu operasi (uptime) yang tinggi dengan interval perawatan yang lebih panjang, serta efisiensi bahan bakar yang tinggi dengan emisi yang lebih bersih berkat teknologi SCR, apa lagi yang bisa Anda harapkan?,” tambah Jung Woo.

BACA JUGA  Ideanomics MEG Mengumumkan Kerjasama Strategis dengan Pabrikan Truk dan Bus Terkemuka, BeiBen Heavy Truck

Karthikeyan Moorthy, General Manager PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) juga menekankan kesiapan pabrik Wanaherang dalam mendukung penuh penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia. Selain memberikan keuntungan kepada pelanggan dengan standar emisi yang lebih baik, kebijakan ini juga mendorong pemain di industri otomotif untuk bersaing di pasar global. “PT DCVMI siap menghadirkan produk berkualitas tinggi dengan standar emisi Euro 4. Melalui perakitan di pabrik Wanaherang kami dengan proses produksi dan sistem mutu berstandar Daimler yang unggul, kami yakin dapat menghasilkan produk yang andal. Selain itu, PT DCVMI berkomitmen untuk melanjutkan beberapa model tambahan untuk lokalisasi, buatan tangan Indonesia, sebagai dedikasi kami untuk industri dalam negeri,” tegas Karthikeyan.

Pembaruan line-up Mercedes-Benz Axor

Di hari yang spesial ini, DCVI juga membawa penyegaran untuk rangkaian produk Mercedes-Benz Axor lewat penambahan aksen baru di bagian eksterior dan interior untuk seluruh lini serta beberapa pembaharuan dari segi teknis khusus untuk 3 (tiga) varian Axor antara lain: Mercedes-Benz Axor 2528R/5700, 2523R/4500 dan 2523R/5700.

Pada sisi eksterior, produk unggulan dari DCVI ini diberikan Roof Sun Visor untuk melindungi pengemudi dari silau matahari dan tambahan pada ujung bemper yang stylish. Paduan dua bagian eksterior ini membuat tampilan Axor lebih gagah saat di jalanan. Melihat lebih dekat di bagian interior, kesan mewah brand Mercedes-Benz diterjemahkan lewat perubahan warna kabin yang dominan hitam, coklat dan beige. Perubahan pola warna kursi menjadi 3D pattern juga membuat tampilan interior Axor lebih mewah dan bergaya.

Dari sisi teknis, Axor terbaru ini memiliki Gross Vehicle Weight Rating sebesar 26.500 Kg dari yang sebelumnya hanya sebesar 25.000 Kg. Selain itu, Mercedes-Benz Axor ini juga mendapatkan pembaruan di bagian axle yang sebelumnya memiliki kapasitas axle depan-belakang sebesar 6.000 Kg – 19.000 Kg menjadi 6.500 Kg – 20.000 Kg. Pada bagian ban (tyre) juga dilakukan pembaruan menjadi 11.00-20 bias sehingga lebih sesuai dengan persyaratan pasar mengenai kapasitas beban ban dan menjadi lebih cost-efficient.

BACA JUGA  Foto : Beragam Penyempurnaan Mercedes-Benz OF 917

Untuk Mercedes-Benz Axor 2528 R, pembaruan diberikan dengan kehadiran model terbaru versi 6×4 yang memiliki area muatan terpanjang di kelasnya sebesar 9.88 meter. Pada model terbaru ini, Mercedes-Benz Axor 2528 R 6×4 mengadopsi peredam pada bagian belakang (rear shock absorber) dan axle yang lebih kuat pada bagian depan guna membantu mempertahankan traksi di medan yang lebih terjal. Selain itu, perbedaan axle pada bagian depan juga membuat bagian depan menjadi lebih lebar.

“Mendengarkan suara pelanggan merupakan komitmen seumur hidup kami dalam bisnis ini, oleh karena itu dalam menjawab kebutuhan pelanggan, kami menghadirkan penyempurnaan baru pada produk unggulan ini melalui peningkatan di berbagai line-up sehingga kami mampu menyediakan truk yang dapat beroperasi dengan lebih efisien, lebih tangguh dan sesuai dengan kondisi pasar Indonesia. Kami percaya pembaruan dan pengenalan model baru ini akan menumbuhkan tingkat kepercayaan dan penerimaan pelanggan kami; terlebih lagi kami akan menembus segmen pasar baru yang telah menantikan Axor 2528 R sebagai truk rigid 6×4 pertama untuk angkutan jarak jauh.

Penyempurnaan produk saat ini akan dilanjutkan pada seri Axor Euro 4 yang akan diperkenalkan secara resmi pada tahun 2022 dan ketika saatnya tiba, kami juga sudah akan siap dengan persiapan purna jual.” tutup Faustina, Head of Product & Marketing PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia.

(BP)

Tinggalkan Balasan